Home / Info Tekno / Keamanan / Cara Melindungi Komputer Dari Virus

Cara Melindungi Komputer Dari Virus

Cara Melindungi Komputer Dari Virus – Virus atau malware menjadi masalah  pelik yang sering menjangkiti komputer atau laptop. Virus serta malware diibaratkan seperti penyakit pada manusia yang setiap saat dapat menyerang tubuh. Oleh karena itu, komputer memerlukan perlindungan agar terhindar dari virus.  “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”  salah satu petikan kata-kata bijak yang berlaku juga untuk komputer. Sebab, telat sedikit saja, bisa-bisa file di komputer kita lenyap dimakan virus.
Melindungi Komputer dari Virus
Nah untuk melindungi komputer dari virus, berikut ini Blogekstra berikan tips singkat yang dapat Anda praktekkan.
Menginstall Aplikasi Anti Virus
Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai tameng hadirnya virus ialah dengan menginstall aplikasi anti virus. Saat ini bayak beredar anti virus di Internet baik itu gratis maupun berbayar, Anda dapat menggunakannya salah satu saja. Untuk mendapatkan perlindungan yang bagus, sebaiknya gunakan antivirus berbayar.
Update Sistem Operasi secara zRutin
Untuk menghindari komputer dari serangan crack berbahaya, selalu update sistem operasi Anda. Caranya, hidupkan fitur otomatis update sehinga ketika terkoneksi, komputer akan melakukan update dan pembenahan bug.
Gunakan Antivirus Online
Antivirus online memungkinkan pemindaian atas situs, atau file yang diunduh melalui internet. Seperti kita tahu, ada jutaan virus atau malware yang beredar di internet, saat kita melakukan browsing maka resiko komputer terkena virus sangatlah besar. Gunakan Antivirus online seperti NortonSecurity.
Gunakan kombinasi password yang kuat
Untuk melindungi komputer sebaiknya gunakan kombinasi password yang kuat, gunakan password yang berbeda setiap akun. Untuk membuatnya buka control panel – User Account
Pindai USB flash sebelum dibuka
Lalu lintas virus biasanya berasal dari seringnya transfer data melalui flashdisk dengan perangkat lain.  Oleh sebab itu, pindai flashdisk sebelum membukanya. Jika hanya mengirim file dari komputer ke Flashdisk tak perlu membuka flashdisk dalam Explorer.
Buat back up data secara teratur
Untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan, buatlah back up data komputer secara teratur. Hal ini sangat penting karena kita tidak tahu kapan virus akan menyerang file kita. Gunakan hard disk eksternal atau manfaatkan penyimpanan cloud store.
 

About Hermawan

Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Leave a Reply

x

Check Also

Berapakah Jumlah Antivirus yang Mesti Terpasang di OS?

Masalah berapakah jumlah antivirus yang harus terpasa di operating system, hal ini ...