Komputer / Komputer / Info / Tips Memilih Laptop Untuk Kebutuhan Kuliah

Tips Memilih Laptop Untuk Kebutuhan Kuliah

Tips memilih laptop untuk kuliah – Laptop atau computer jinjing saat ini bukanlah barang mewah. Bahkan bagi mahasiswa, Laptop tak ubahnya sebuah perlengkapan kampus yang sangat dianjurkan punya. Hal ini dikarenakan banyaknya kebutuhan dan tugas yang memaksa mahasiswa harus menggunakan laptop itu dalam kurun waktu yang tidak sebentar.

 laptop untuk mahasiswa kuliah

Kendati saat ini banyak yang mulai beralih ke perangkat mobile seperti tablet dan semacamnya, namun  tetaplah tidak menyamai fungsi dan kegunaan laptop. Seperti halnya mengerjakan tugas yang memaksa harus mengetik banyak, maka laptop yang memiliki keyboard dan layar lebar jauh lebih nyaman dibandingkan dengan perangkat lain yang hanya mengandalkan keyboard virtual.

Begitu juga dengan tugas lain seperti desain, grafis, video dan sebagainya. Kegunaan laptop disini sangatlah tidak tergantikan.  Oleh karena itu, bagi mahasiswa sebaiknya benar-benar memilah dan memilih laptop yang cocok untuk digunakannya dalam menimba ilmu di perguruan tinggi.

Berikut beberapa tips memilih laptop untuk kuliah:

  1. Pilihlah Spesifikasi Sesuai Kebutuhan

Bagi mahasiwa pada umumnya, sebenarnya tidak terlalu membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Karena sebagian besar mahasiswa hanya membuthkan laptop untuk mengetik tugas, browsing sumber belajar dan sebagainya. Jadi laptop dengan RAM 2 GB, Hard drive 320GB serta Wifi dan slot USB sangat cukup untuk kebutuhan mahasiswa.

Namun, akan sangat berbeda jika mahasiswa yang bersangkutan adalah pecandu game atau gaming. Tentunya spesifikasi yang diharapkan tidak sekedar untuk mengerjakan tugas semata, tetapi juga untuk menemaninya bermain game. Sehingga spesifikasi yang dibutuhkan pun sebaiknya yang cukup mumpuni. Seperti RAM yang tinggi, VGA serta spesifikasi lain yang sangat mendukung untuk gaming.

  1. Cocok Untuk Mobilitas Tinggi

Tingginya aktivitas mahasiswa tentunya juga mempengaruhi laptop yang dibutuhkan. Oleh karena itu sebaiknya memilih laptop yang juga cocok untuk mobilitas tinggi. Adapun beberapa laptop yang pas untuk mahasiswa yang sifatnya siper sibuk diantanya, memiliki bobot yang cukup ringan, tidak terlalu lebar serta mesin yang tangguh.

 Untuk bobot sudah dipastikan semakin ringan laptopnya, maka akan semakin mudah dibawa kemana saja, baik ke kampus atau kelompok. Sedangkan untuk lebar dan ketebalan juga mempengaruhi. Karena semakin tipis serta kecil maka laptop tersebut akan mudah dimasukkan ke dalam tas kuliah. Yang tidak kalah penting laptop tersebut tergolong tangguh. Karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi gesekan dan benturan ringan baik dengan jok motor maupun perlengkapan lain dalam tas.

  1. Sesuai Dengan Budget

Kondisi keuangan sangatlah penting dalam pemilihan laptop untuk kebutuhan kuliah. Karena bagaimanapun juga mahasiswa juga memiliki kebutuhan lain yang tidak kalah besar. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan jenis laptop yang akan dipilih dengan kondisi ekonomi.

  1. Pilih Merk Laptop yang Umum

Dalam memilih laptop untuk kebutuhan kulaih yang sangat penting adalah pilihlah dari perusahaan/vendor yang trusted dan recommended. Biasanya merk laptop tersebut sudah umum digunakan di masyarakat. Selain tingkat kepercayaan tinggi, biasanya laptop yang umum dipake terdapat banyak took yang menyediakan suku cadang apabila rusak. Selain itu, laptop yang umum dipake juga biasanya memiliki nilai jual bekas yang juga tinggi.

Penulis: Holili Sutedjo

Foto Profil dari Holili Sutedjo

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...