Komputer / Komputer / Tutorial / Tutorial Cara Merakit PC atau Komputer

Tutorial Cara Merakit PC atau Komputer

Merakit komputer adalah suatu hal yang sangatlah mudah, saya Susanto selaku penulis mengatakan seperti ini karena, dengan anda belajar sendiri atau sering disebut dengan autodidak anda pastinya akan dapat merakit komputer sendiri tanpa harus meminta bantuan kepada orang lain. Jika anda memang seorang IT tentunya anda harus bisa merakit komputer dan mengerti bagian bagian dari komputer itu sendir.

cara merakit PC atau Komputer

cara merakit PC atau Komputer

Disini anda akan saya pandu step-by-step bagaimana caranya merakit komputer atau PC, dalam merakit komputer tentunya anda harus mulai dari mempersiapan komponen-komponen yang ada pada komputer sehingga komputer itu nantinya dapat kita rakit dengan sempurna dan dapat menyala sehingga dapat kita gunakan. Pada tutorial merakit komputer ini akan ada lima langkah atau lima step dalam perakitan komputer, untuk merakit komputer dari awal sampai dengan langkah akhir dan Komputer atau PC dapat di nyalakan, Anda perlu menyimak dan mengikuti langkah langkah yang saya jelaskan di bawah ini.

Anda dapat melewati langkah-langkah tertentu jika Anda memilih untuk tidak memasang atau perangkat keras yang ada. panduan kali ini, Anda diasumsikan tidak memiliki pengetahuan sebelumnya dalam hal merakit komputer. Ok mari kita cus ke panduan tentang merakit PC atau komputer.

Dibawah ini saya jelaskan tentang langkah-langkah dalam merakit komputer yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kaidah yang ada, apabila nantinya anda merasa kesulitan dengan penjelasan yang saya jabarkan ini, maka di sini saya sertakan gambar agar nantinya dapat membantu anda dalam merakit komputer pribadi Anda secara mudah.

1. Pertama kalinya anda harus menyiapkan seluruh komponen-komponen komputer untuk merakit sebuah komputer atau PC.

Dalam merakit komputer ini merupakan sesuatu kegiatan yang menyenangkan bagi saya sendiri dan tentunya anda yang suka atau cinta dengan komputer.Yup kita persiapkan terlebih dulu komponen-kompon yang dibutuhkan, komponen yang kita butuhkan adalah Casing komputer, Motherboard, Processor, Heatsink dan kipasnya, RAM, VGA Card (jika anda ingin meningkatkan kekuatan Grafiknya) / Kartu Grafis (PCI/AGP), Harddisk (sebagai media penyimpanan), CDROM/DVDROM, Monitor atau LCD, Speaker, Keyboard dan Mouse. Selain komponen yang sudah saya jelaskan anda juga perlu mempersiapkan CD driver yang dibutuhkan (biasanya sudah ada pada kardus motherboard yang anda beli) dan CD yang berisikan Sistem Operasi serta master-master untuk instalasi dari Software yang diperlukan umum digunakan. Dan anda juga perlu dalam mempersiapkan alat tangan yaitu obeng.

2. Langkah kedua ini yaitu kita mulai memasang Processor, CPU Cooler dan Memory/RAM ke socket Motherboard.

Processor ini merupakan sebuah IC yang berfungsi untuk mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer & digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas yang kita inginkan, tanpa kita suruh maka komputer akan diam saja. Di mana letak dari Processor..??? Jawabnya terletak pada socket yang telah disediakan oleh Motherboard dan biasanya terletak di tenga-tengah motherboard, dan dapat diganti dengan Processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada Motherboard. socket yang terbaru adalah LGA1155 dimana socket ini suppord sampai dengan Core I7.

Cara memasang Processor dapat anda lihat pada gambar yang sudah saya beri di bawah ini, dan jangan sampai salah dalam pemasangan karna dapat menjadikan motherboard anda tidak berfungsi
Buka pengunci Socket Processor yang sudah ada pada Motherboard anda.

cara dalam memasang proseso

cara dalam memasang proseso

Pasangkan Processor ke Motherboard. (INGAT…! Anda perhatikan bahwa Processor ini memiliki tanda pada salah satu sudutnya dimana tanda ini agar kita tidak salah dalam pemasangan, dalam hal ini biasanya ditandai dengan adanya benjoalan atau lubang di kedua sisi yang sejajar).

Anda harus mencocokan tanda tersebut dengan tanda yang ada pada Socket Processor (Jika Anda melakukan hal tersebut di atas dengan tepat dan benar, maka Processor akan dapat dimasukkan ke socketnya dengan baik dan benar tanpa ada paksaan dalam pemasanganya).

Selanjudnya anda kunci kembali socket tersebut sesuai dengna kuncinanya, yaitu dengan cara menekan tuas kebawah lalu mengaitkan pada pengunci yang sudah ada pada socketnya.

Cara Memasang CPU Cooler (Pendingin CPU) atau juga bisa di sebut kipas prosesor

Siapkan CPU Cooler yang biasanya sudah ada pastanya pada bagian bawahnya.

cara memasang cpu cooler

cara memasang cpu cooler

Pasangkan CPU Cooler tepat diatas Processor, kencangkan cooler prosesor dengan pengunci yang sudah ada pada coolernya dengan motherboard, pastikan sudah terkunci dan tidak lepas. agar nantinya prosesor anda tidak bermasalah. lalu bubungkan kabel yang ada pada socket mainboard yang sesuai dengan socket dari CPU Cooler tadi. sampai disini selesai sudah dalam pemasangan prosesor.

Anda perhatikan slot memory atau RAM Anda, apakah sudah sesuai dengan jenis memory yang Anda gunakan dan seri terbarunya adalah DDR3. Jika sudah sesuai, maka pasangkan memory komputer Anda pada slot yang sudah disediakan dan pastikan tidak terbalik, kemudian anda klik pengait yang ada pada masing-masing ujung dari RAM agar RAM tidak bergerak-gerak dan lepas.

cara memasang RAM

cara memasang RAM

3. Cara Memasang CD/DVD Drive dan Hardist and dengan benar.

Sebelum anda melakukan pemasangan Hardisk ke dalam casing langkah yang pertama harus anda lakukan ialah mengenali jenis dari Hardisk yang Anda gunakan. Untuk saat ini Hardisk yang sering digunakan adalah Hardisk dengan kabel SATA.

Cara memasang Hardisk dan CD/DVD Drive adalah sebagai berikut:

memasang hardist sata atau ata

memasang hardist sata atau ata

jumper-sata

jumper-sata

Pertama, aturlah jumper yang ada pada hard disk. dimana jumper ini pastinya berada pada bagian belakang hardisk dan memiliki tiga sampai lima pasang pin. apa bila hardisk anda yang ingin anda pasang hanya satu, maka setlah jumper ke posisi “MASTER”. Jika ada dua hardisk, maka cabut jumper hard disk ke dua dan posisikan sebagai “SLAVE”. Petunjunk pemasangan jumper biasanya ada pada sisi atas hardisk.

Selanjudnya anda pasang kabel SATA pada port data di belakang hardisk anda. dimana pemasanganya sangat mudah. anda hanya perlu mencocokkan ujung kabel dengan port data di hardisk, jadi pemasangan ini tidak mungkin akan terbalik. Lalu, anda pasang ujung satunya dari kabel data tersebut pada port SATA 1 atau primary SATA pada Motherboard. Cara pemasangannya pun juga sama dengan pemasangan ke hardisk tadi, jadi cika tidak pas maka tidak akan bisa masuk.

Kemudian anda letakkan hardisk pada tempat yang sudah disediakan di casing, dimana letaknya ini sesuai dengan keinginan anda karna disini ada beberapa slot yang disediakan agar nantinya jika anda ingin menambah hard disk itu dapat dipasang dengan mudah, setelah di pasang kencangkan dengan skrup yang sudah disediakan oleh casing. Setelah itu pasanglah kabel power dari Power Supply ke Hardisk ke dalam socketnya dengan benar. Jika Power Supply Anda model lama yang mungkin tidak akan memiliki kabel power jenis SATA, Maka anda dapat menggunakan kabel power Konverter (lihat gambar).

merakit-kabel-komputer

merakit-kabel-komputer

Selanjutnya dalam pemasangan CD/DVD drive ini mudah karna pemasanganya hampir mirip dengan pemasangan dari Hardisk. yang berbeda adalah letak atau tempat dari pemasanganya saja yang sedikit berbeda, CD/DVD Drive ini biasanya terletak di bagian atas hardist pada casing. Sebelum menempatkan DVD atau CD Drive, anda perlu membuka terlebuh dahulu penutupnya yang ada pada casing, selanjudnya tekan penutupnya dari bagian dalam agar CD/DVD rom dapat masuk ke casing anda.

4. Pemasangan kabel komputer.

Setelah semua komponen komputer terpasang dengan benar, yang perlu anda kerjakan selanjutnya adalah merakit kabel-kabel dari komputer, termasuk kabel Iinput atau Output, kabel CD ROM, kabel hardisk, Kabel power CPU dan yang lainya. disini Anda hanya cukup memperhatikan gambar yang saya sediakan di bawah ini ini untuk panduan Anda agar anda dapat mengerti dengan jelas bagaimana cara memasang kabel-kabel dalam merakit sebuah komputer Anda.

Disini saya sarankan anda harus benar-benar memperhatikan langkah yang satu ini, dikarenakan langkah ini merupakan salah satu dari sekian banyak hal dalam perakitan komputer yang paling central dalam merakit komputer, apabila kabel yang Anda hubungkan itu tidak benar maka dapat berrakibat fatal.tapi tenang saja, anda tidak perlu khawatir lagi, dikarenakan setiap kabel itu sudah disetting sedemikian rupa agar kabel satu dengan lainya itu berbeda agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasanganya.

Penulis: susanto

Foto Profil dari susanto
saya orangnya lebih suka yang sederhana, serta belajar teknologi terutama di bidang website, karena belajar teknologi itu tidak akan pernah ada habisnya.. hehehe

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...