Komputer / Komputer / Tutorial / File dalam Flash Disk Full tapi File Tidak Kelihatan

File dalam Flash Disk Full tapi File Tidak Kelihatan

Para pengunjung yang tercinta, jumpa lagi dengan @Susanto. Atau anda baru jumpa dengan saya…??? Salam kenal aja bagi yang baru berjumpa dengan saya. Pada tulisan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai Flash Disk yang full tetapi file nya tidak ada sama sekali, dan itu pastinya membuat anda bertanya-tanya, apa sebab dari ini. Anda pernah mengalami hal seperti ini, Flash Disk apabila setelah anda melakukan pengecekan dan ternyata tidak ada file yang terlihat sama sekali,¬† tapi kenapa Flash disk itu dikatakan penuh (full memorinya) saat¬† anda melihat kapasitas dari flash disk tersebut.

Apa bila anda pernah mengalami hal seperti ini, itu berarti flash disk anda terkarena ulah sang preman dari dunia maya yaitu VIRUS yang menyembunyikan file-file anda yang berada pada flash disk.

File Flash Disk Full tapi File Tidak Kelihatan

File Flash Disk Full tapi File Tidak Kelihatan

Kebetulan saya belum pernah satu kalipun mengalaminya, tetapi teman-teman saya yang sering membawa masalah tersebut kepada saya karna saya seorang IT dan sayapun dalam menangani hal semacam ini menggunakan cara yang sederhana untuk mencari tahu apa saja sebenarnya isi dari flash disk tersebut dan alhasil semua data tersebut bisa dikembalikan dengan selamat tanpa ada sedikitpun yang tertinggal.

Anda penasaran bagaimana caranya, atau hanya ingin tau cara sederhananya ? Yuk mari anda perhatikan langkah-langkah sederhana untuk mengembalikan semua file-file yang tidak kelihatan dalam flash disk anda, dan berikut ini adalah caranya.

Pertama anda jalankan Command Prompt atau sering di sebut dengan CMD yaitu dengan cara klik Start lalu klik Run dan anda ketikan CMD kemudian anda tekan saja ENTER, cara lainya anda bisa juga dengan klik Start masuk ke All Programs lalu cari menu Accessories disana akan ada Command Prompt anda tinggal klik aja.

Sebelumnya anda harus menacapkan Flash Disk anda yang bermasalah seperti di atas pada komputer atau CPU anda. Jika Flash Disk anda sudah terpasang dan anda juga sudah masuk atau sudah menjalankan Command Prompt, langkah selanjutnya adalah anda ketikkan perintah DOS pada command prompt dengan format perintahnya adalah seperti di bawah ini:

c:\>E: ENTER

Perintah di atas adalah perintah untuk berpindah dari drive C (harddisk) ke drive E, dengan asumsi bahwa drive dari flash disk anda terletak pada drive E, jika berhasil maka akan akan e:\>
lalu anda ketikkah DIR, sehingga seperti ini

e:\>DIR /ah dan tekan ENTER

Perintah ini dimaksud untuk menampilkan semua file-file dengan keterangan A=Atribut H=Hidden sehingga file-file yang disembunyikan dapat terlihan termasuk juga semua folder yang ada di dalam flash disk anda.

Setelah semua file dapat terlihat langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memindahkan file tersebut ke dalam folder lain yang berada di hard disk anda, agar bisa anda baca dengan cara anda ketikan perintah seperti berikut ini :

Perlu anda ketahui sebelum anda me-copy semua file tersebut, anda harus buat terlebih dahulu sebuah folder baru dengan menggunakan perintah sebagai berikut :

e:\>MD D:\BACKUPFLASDISK ENTER

Perintah itu di maksudkan untuk membuat sebuah folder atau directory yang baru di dalam drive D,

Jika anda sudah menjalankan perintah seperi di atas maka akan ada sebuah folder baru dengan nama BACKUPFLASDISK sudah dibuatkan pada drive D.

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah ikuti di bawah ini :

e:\>COPY *.* C:\BACKUPFLASDISK lalu anda tekan ENTER

Dengan anda menjalankan perintah seperti di atas maka semua file yang berada di flash disk sudah tercopy ke drive D pada folder BACKUPFLASDISK.

Jangan pergi dulu, karna masih ada langkah berikutnya. Jika anda memiliki beberapa folder dalam flash disk, dan karena perintah di atas tidak dapat mengcopy folder akan tetapi hanya dapat mengcopy file saja jadi tidak termasuk folder. Nah kalau untuk folder biar mudah maka anda harus mengingat nama dari folder yang ada pada flash disk, jika anda sudah melakukan perintah DIR /ah sehingga nantinya bisa di buka pada Windows Explorer.

Dengan cara anda perlu masuk terlebihdulu ke windows explorer, setelah itu pada address anda perlu memilih drive E (yang di maksud drive E disini adalah letak dari drive flash disk anda, kemudian masih terletak pada address anda ketik perintah berikut ini

\\namadirectori lalu tekan ENTER. (sebagai contoh \\DATAKTA kemudian anda tekan enter)

Dengan anda menjalankan perintah tersebut maka semua file yang ada pada folder tersebut akan terlihat. Dan apabila filenya belum terlihat sama sekali, anda coba klik menu Tools lalu anda pilih Folder Options kemudian akan muncul windows dan klik tab View lalu anda cari pada menu Hidden Files and Folders disini anda pilih Show Hidden Files and Folder.

Semoga artikel File dalam Flash Disk Full tapi File Tidak Kelihatan dapat bermanfaat bagi pembaca dan penulis.

Penulis: susanto

Foto Profil dari susanto
saya orangnya lebih suka yang sederhana, serta belajar teknologi terutama di bidang website, karena belajar teknologi itu tidak akan pernah ada habisnya.. hehehe

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...