Komputer / Komputer / Software / Cara Mengembalikan Data Terformat atau Hilang menggunakan Ontrack Data recovery

Cara Mengembalikan Data Terformat atau Hilang menggunakan Ontrack Data recovery

Sesuai denagan judul yang saya tulis tersebut, maka saya akan menjelaskan bagai mana cara dalam mengembalikan data anda yang sudah hilang karna terformat atau kesalahan dalam penggunaan, didalam mengembalikan data yang hilang ini maka kita akan menggunakan sebuah software yang terbaik dalam mengembalikan data yang telah terformat, bukan data rusak. susanto selaku penulis akan menjelaskan tentunya dengan sangat jelas agar anda dapat memahaminya dengan mudah. tanpa basa basi atau panjang lebar lagi, langsung aja saya jelaskan bagaimana penggunaan dari software Ontrack Data Recobery.

cara mengembalikan data hilang

cara mengembalikan data hilang

apa sebenarnya Ontrack Data Recobery ini…??? ini merupakan sebuah software yang masih bagian dari software Ontrack Easy Recovery Profesional, yaitu sebuah software yang tidak hanya dapat merecovery data yang hilang atau terformat namun software ini juga mampu memperbaiki file-file yang telah rusak sebagai contohnya adalah file word, excel, power point, access, bahkan file berupa zip sekalipun dapat di perbaikinya, hebat sekali bukan softwarenya.

Pada pembahasan yang saya jelaskan disini adalah hanya sebagian saja yaitu membahas tentang recovery data yang berfungsi untuk mengembalikan data terformat atau hilang. Maka dari itu anda harus memilih pilihan di sebelah kiri pada Software Data Recovery. Setelah anda klik maka akan muncul seperti gambar berikut ini :

recovery data

recovery data

Selanjudnya penulis tentunya juga akan menjelaskan secara singkat dan mudah agar anda dapat dengan cepat untuk memahaminya..

Advance recovery ini dipergunakan untuk mengembalikan sebuah atau beberapa data yang hilang, baik itu disebabkan oleh virus maupun terhapus oleh penggunanya sendiri yang menghapusnya. akan tetapi penulis sendiri jarang menggunakan pilihan yang ini karena menurut penulis sendiri pilihan ini tidak begitu specialis terhadap file-file tertentu.

Delete recovery pilihan ini merupakan pilihan yang specialis untuk mengembalikan data yang terhapus atau bisa disebut juga der delete baik itu anda sengaja maupun tidak disengaja walaupun file tersebut juga sudah terhapus pada ricycle bin. maka anda perlu menggunakanlah pilihan ini

Format recovery pada menu ini adalah pilihan yang lebih hebat lagi yaitu merupakan menu yang specialis dalam mengambil file atau mengembalikan file yang sudah terformat, jika anda kurang percata anda dapat membuktikanya sendiri dan di jamin hasilnya akan sangat memuaskan.

Raw recovery Pada pilihan ini sangat hebat menurut penulis lebih hebat dari format recovery yang sudah saya jelaskan seperti di atas. walaupun karna dia bukan hanya file terformat tapi semua file yang telah terhapus akan dapat muncul lagi. bahkan hardist itu sudah terformat berkali-kali pun. akan tetapi pada menu ini memiliki sebuah kelemahan yaitu data akan dikembalikan sesuai dengan file extention nya, yan memiliki konsekuensi, nama dari file file anda itu akan berubah menjadi urutan angka, maka dari itu anda sendiri yang harus menseleksi satu per satu dari semua file yang ada dan me-renamenya satu persatu setelah anda selesai dalam mencari file anda.

Pada kesempatan ini penulis akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan pilihan format recovery.

Disini anda akan di berikan pilihan untuk memilih partisi mana yang akan anda ambil data-datanya. agar lebih jelas saya jelaskan pengertiannya adalah jika anda memilih drive D. maka anda akan mengambil data yang berada pada drive D tersebut, yang lama sebelum partisi tersebut telah andalakukan format.
Disini timbul pertanyaan bagaemana seandainya jika partisi tersebut sudah di gabung dengan partisi lainya, sebagai contoh dulu anda mempunyai 3 partisi C, D dan E namun anda pernah menggabungkan partisi tersebut menjadi 1 yaitu hanya tinggal partisi C aja.
menurut pengalaman dari seorang teman, katanya data itu akan tetap bisa di kembalikan. anda tinggal memilih partisi tersebut. maka dengan sendirinya data-data tersebut yang dulu pernah anda partisi menjadi 3 maka partisi akan timbul kembali. atau jika anda tidak berhasil anda tinggal menggunakan pilihan yang raw recovery yang sudah saya bahas diatas.

untuk kali ini saya mencontohkan kepada pembaca tentang bagaimana merecovery drive data usb. yang dapat anda lihat seperti gambar dibawah ini

merecovery drive data usb

merecovery drive data usb

Anda tiggal pilih next. dan tunggu sampai dengan proses selesai. proses disini memang agak lama sih. pengalaman saya untuk merecovery data 60 bisa memakan waktu sampai dengan 6 jam,waktu yang amat lama kan. hehehe. akan tetapi yang penting hasilnya dan tergantung dari kondisi hardisknya juga sih.

makanya jasa dari recovery data yang ada di sekitar anda harganya sangat mahal..ya wajar lah karna pekerjaanya membutuhkan waktu yang amat lama sih.
jika sudah selesai maka anda diminta untuk mensave atau anda dapat menyimpan hasil dari pencarian software itu ke dalam sebuah hardisk milik anda, atau ke media penyimpanan yang lainya sebagai contoh adalah eksternal hardisk. (lihat gambar yang ada dibawah) dan tunggu sampai proses tersebut selesai..

cara mencari data yang hilang

cara mencari data yang hilang

Demikianlah ilmu yang dapat penulis bagikan kepada anda semuanya yang berjudul Cara Mengembalikan Data Terformat atau Hilang dengan Ontrack Data recovery.

Penulis: susanto

Foto Profil dari susanto
saya orangnya lebih suka yang sederhana, serta belajar teknologi terutama di bidang website, karena belajar teknologi itu tidak akan pernah ada habisnya.. hehehe

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...