Komputer / Komputer / Perawatan / Tips Merawat Laptop Cara Mudah

Tips Merawat Laptop Cara Mudah

cara merawat laptopSiapa tidak ingin memiliki laptop yang awet. Terlebih lagi tidak sekedar awet, melainkan laptop yang mempunyai performa berkualitas. Dalam hal ini spesifikasi tinggi bukanlah hal utama didalam menentukan performa dan daya tahan laptop terhadap kerusakan. Melainkan cara pakailah yang perlu menjadi perhatian utama kita.

Sering ada kasus rusaknya laptop yang baru dibeli akibat kesalahan pemakaian pengguna. Kesalahan ini ada yang serius bahkan kesalahan sepele. Bahkan akibat dari kurangnya pengetahuan tentang perangkat ini, membuat kesalahan yang tadinya sepele menjadi kesalahan yang serius.

Harapan dengan membaca beberapa tips dari saya, dapat membantu untuk menjaga agar laptop awet, tahan lama dan performa terjaga. Baiklah berikut ini cara merawat laptop sederhana :

1. Cara menghidupkan dan mematikan

  • Mengetahui cara menghidupkan dan mematikan ini sangatlah pneting karena ini adalah dasar dari belajar komputer.Untuk cara menghidupkan, tekan tombol “ON” yang telah disediakan. Tapi ingat, untuk mematikannya jangan menggunakan tombol yang sama melainkan matikanlah dari system operasi kita, carilah tombol shut down yang telah disediakan.
  • Banyak yang asal-asalan mematikan laptop menggunakan tombol on/off. Mungkin satu dua kali tidaklah mengapa. Tapi jika terjadi berkali-kali akan berakibat fatal dan hardisk Anda taruhannya.
  • Seperti contoh masalah sepele cara mematikan laptop. Banyak diantara orang awam mematikan¬† laptop dengan cara ditekan langsung di tombol power on/off nya.

2. Memilih sistem operasi dan aplikasi yang tepat

  • Penting sekali mengetahui spesifikasi laptop Anda. Karena semua itu berhubungan juga dengan pemilihan sistem operasi dan aplikasi yang tepat. Kesalahan memilih sistem dan aplikasi ini juga bisa berakibat fatal lo..
  • Misalnya Anda memiliki laptop lama dengan spesifikasi rendah ram 256 MB hardisk 8 GB. Kemudian Anda ingin mengisi laptop Anda dengan system terbaru windows 8 dan program-program terbaru yang serba berat. Tentu itu bisa brdampak buruk karena memori dan mainboard Anda bisa hangus akibat tidak mampu mengerjakan tugas yang terlalu berat.
  • Untuk program aplikasi, isilah dengan program-program ringan dan seperlunya saja. Tidak perlu mengisi dengan program-program yang kurang bermanfaat seperti animasi-animasi yang membebani windows dan laptop Anda.
  • Untuk itu jika Anda berkenan tanyalah kepada ahlinya mengenai sistem dan aplikasi yang cocok buat laptop kesayangan Anda.

3. Cara mengoperasikan

  • Untuk cara pengoperasianya, saya rasa ini lebih kepada pemakai. Jadi saran saya, gunakan laptop seperlunya saja. Misalnya Anda butuh mengetik, jadi fokus saja mengetik dan jangan jalankan program lain seperti pemutar audio, video dll. Karena membuka banyak aplikasi didalam satu kali kerja itu sama saja membebani kinerja laptop.
  • Kemudian berikanlah waktu istirahat kepada perangkat anda tersebut. Bukan cuma manusia saja yang mempunyai hak istirahat. Tapi laptop juga, mengingat pemakaian secara terus menerus tanpa berhenti, bisa berakibat fatal.
  • Pakai laptop di tempat yang bersih dan jauhkan dari tempat yang berdebu. Misalnya kasur, sofa dll. Jika terpaksa di tempat seperti itu, sebisa mungkin alaslah laptop saat digunakan dengan alas yang bersih seperti buku dll.
  • Gunakan kipas pendingin. Karena ini sangat berpengaruh mendinginkan temperatur laptop anda.
  • Gunakan pelindung keyboard untuk menjaga keyboard agar tetap bersih, terhidar dari debu dan tetesan air

4. Cara menyimpan

  • Yang tidak kalah penting adalah cara menyimpannya. Salah menyimpan? Sangat fatal. kenapa? simak saja penjelasan berikut.
  • Simpanlah di tempat yang aman. Dalam artian aman dari jangkauan anak-anak, binatang maupun maling he he he..
  • Pengalaman ada seorang membawa laptop untuk diservis dengan masalah tidak tampil. Pas saya bongkar ternyata masalahnya dikencingi kucing. Bahkan ada juga yang dijadikan sarang semut.
  • Untuk itu simpanlah laptop Anda ditempat yang aman dan bersih. kalau bisa gunakan bagus kapur ajaib supaya tidak dijadikan sarang semut.
  • Untuk penyimpanan yang cukup lama, biasakan lepas battery dari laptopnya.

Demikian tips cara perawatan laptop kali ini semoga bermanfaat. Tunggu update terbaru ya..

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...