Komputer / Keamanan / Jahatnya Virus Shortcut dan Cara Menghapusnya

Jahatnya Virus Shortcut dan Cara Menghapusnya

Shortcut-virus2Banyak yang mengeluh kepada saya.

Pelanggan : Mas, kok data-data di flash disk ku nggak bisa dibuka nih? kenapa semua berubah menjadi shortcut begini? aduh gimana nih mas? Baru semua data pentingku yang hilang ni..hiks hiks :cry:

Saya : Aduuh kalau yang seprti ini agak sulit ibu, pak, mbak,,

Pelanggan : Kan mas AHLINYA SERVIS jadi pasti tau nanganin masalah ginian.

Setelah mendengar ucapan pelanggan tersebut, saya kebelakang sebentar untuk menimbang berat badan. Saya kaget banget. Spontan berat badan saya naik 10 kg akibat pembengkakan di kepala saya ha ha ha :mrgreen:

Okelah nggak panjang lebar lagi, bagi Anda yang pernah mengalami masalah seperti cerita diatas, simak baik-baik penyebab dan cara mengatasinya dibawah ini.

Tentang Virus Shortcut

Sesuai dengan namanya, virus shortcut adalah virus yang kerjanya merubah data menjadi shortcut. Tapi data yang dirubah oleh virus ini adalah data yang disimpan didalam flash disk saja. Sedangkan yang tersimpan di komputer atau laptop Anda, tidak dirubah sama sekali. Bukan benar-benar merubah data aslinya, ia hanya menyembunyikan data asli tersebut, kemudian membuat duplikasi dari data asli tersebut menjadi sebuah shortcut. Bahasa yang lebih mudahnya, sebenarnya datanya masih ada didalam flash disk, hanya saja disembunyikan oleh si virus. Kemudian si virus memunculkan data bohongan yang mirip dengan data aslinya untuk menipu kita gitu lo..

Kebanyakan data yang dirubah oleh virus ini adalah yang berupa folder. Sedangkan file lain seperti file pdf, file rar atau file word, aman-aman saja. Tapi susahnya kalau file-file tersebut kita simpan didalam folder, otomatis ia juga akan tersembunuyi karena foldernya kan disembunyikan sama virusnya.. gitu

Proses Penyebaran Virus Shortcut

Proses penyebaran yang pertama jelas melalui media internet. Komputer atau laptop yang sering dipakai internetan lebih beresiko disusupi virus ini. Selanjutnnya, virus akan bersemayam didalam komputer Anda selama belum dilakukan pembersihan. Kemudian apabila Anda mencolokkan flash disk Anda ke komputer atau laptop yang telah terjangkit virus ini, maka dalam sekejap virus akan menyulap data-data penting Anda menjadi shortcut. Flash disk yang telah terinfeksi juga beresiko menularkan virus ini ke laptop lain apabila dicolok.

Cara Mengatasi Virus Shortcut

Sebenarnya virus ini bukan dari golongan virus yang sangat berbahaya. Hanya saja, cukup membuat pusing orang yang belum tau cara penanganannya. Bagaimana tidak, saat data mendesak dibutuhkan, malah tidak bisa dibuka. Jadi, untuk solusinya siapkanlah anti virus kebanggaan Indonesia, yaitu Smadav.

Mengapa harus smadav? Apa nggak ada yang lain?

Jadi begini.. Saya menyarankan smadav berdasarkan pengalaman pribadi selama ini. Karena smadavlah yang cukup ampuh sebagai anti virus shortcut. Saya pernah mencoba avira, tapi virus ini nggak kedeteksi. Selain itu kebetulan smadav mempunyai kelebihan yang lebih baik untuk mendeteksi dan memunculkan file-file tersembunyi. Jadi pas sekali untuk mengatasi file-file yang disembunyikan virus menjengkelkan ini. Untuk mendownload antivirus smadav, silahkan kunjungan kesini http://www.smadav.net/. Bagi anda yang sudah mendownload dan menginstallnya, kemudian segeralah lakukan pembersihan terhadap laptop dan flash disk Anda.

Sebenarnya masih banyak lagi cara untuk mengatasi virus shortcut. Insya Allah akan dibahas dilain waktu. Sekian info dari saya, semoga bermanfaat.

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

6 comments

  1. kurang om.
    bisa kdetek bisa kdelet.
    tapi nongol maning

    • Foto Profil dari supangkat

      harus dibersihkan semua gan dengan flash disknya juga,, percuma tu kalau gak dibersihkan jelas menginfeksi laptop lagi. agan punya hirens boot cd gak? atau mini windows xp gitu? nah kalau mau mati total itu virus.. booting aja mini windows live cd, kemudian hapus folder system folume information dengan recycle. setelah itu masuk windows lagi n scan kembali ya gan.

  2. kalo saya pake avg 2012 gan langsung bersih sampe akar akar nya :D

  3. wah, bagus sekali..
    Sila ke website saya utk cara mudah buang virus shorcut :

    http://hackersmode.blogspot.com

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...