Komputer / Komputer / Hardware / Hardisk Sering Berbunyi? Cepat Selamatkan Data Anda!

Hardisk Sering Berbunyi? Cepat Selamatkan Data Anda!

hddDidalam perangkat komputer ataupun laptop, terdapat komponen hardware yang bernama hardisk. Fungsi alat ini adalah sebagai media penyimpanan data pengganti disket. Ukuran kapasitas yang jauh lebih besar, serta daya tahan pemakaian yang lebih lama, membuat hardis benar-benar mampu menggeser posisi disket yang sempat populer saat itu.

Selain sebagai penyimpan data, fungsi hardisk yang lebih penting lagi adalah sebagai tempat melekatnya sistem operasi komputer Anda. Intinya saat diinstal, sistem operasi anda masuk pada hardisk tersebut. Jadi, tanpa adanya hardisk, mustahil untuk menginstal sistem operasi. Jikalau demikian, maka mustahil pula untuk menggunakan komputer anda tanpa sistem operasi.

Diatas saya menjelaskan bahwa hardisk lebih kuat dibanding disket. Itu memang benar, karna masa pakai hardis cendrung lebih lama dibanding disket yang beberapa kali pakai langsung rusak. Tapi, bukan berarti hardisk tetap aman selamanya dari kerusakan. Alat ini juga rentan terhadap berbagai kerusakan. Salah satu gejala kerusakannya adalah, saat digunakan, komputer atau laptop berbunyi “cklek cklek”. Itu tanda bahwa hadrdisk Anda mengalami masalah.

Bunyi tersebut bisa jadi adanya bad sector alias rusaknya pada sector piringan hardisk, atau masalah pada jarum pembaca hardisk Anda. Penyebabnya pun tidak bisa diprediksi secara pasti. Kemungkinan akibat adanya benturan keras pada komputer atau laptop Anda, atau cara mematikan komputer yang tidak sesuai prosedur.

Tidak panjang lebar, jika masalah tersebut tiba-tiba muncul, segera selamatkan data penting Anda ketempat yang lebih aman. Mengingat harga data penting Anda lebih berarti ketimbang harga sebuah hardisk baru. Jadi, lakukan secepat mungkin copy data Anda kekomputer lain atau di media penyimpanan lain seperti flash disk atau hardisk external.

Pernah ada seseorang datang kepada saya, mengeluhkan dengan masalah persis seperti diatas. Tapi sayang, dia datang sedikit terlambat, saat data didalam hardis tidak bisa diselamatkan lagi akibat hardisk benar benar rusak. Seseorang itupun memohon kepada saya agar bagaimanapun caranya supaya datanya bisa diselamatkan, karena data tersebut sangatlah penting. Namun apalah daya, nasi telah menjadi bubur. Sayapun hanya bisa pasrah melihat raut muka kesedihan dari seseorang tersebut. Jadi sekali lagi saya ingatkan, selamatkan data Anda sebelum menjadi bubur,, upst maksud saya sebelum data Anda hilang. :D

Demikian tips dari saya, tunggu update terbaru ya :D

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...