Komputer / Komputer / Perawatan / Cara Merawat Hardisk Agar Awet

Cara Merawat Hardisk Agar Awet

hddHard disk merupakan tempat penyimpanan data yang sangat penting. Namanya juga penyimpanan data, tentu membuat anda pusing tujuh keliling saat data Anda hilang akibat rusaknya perangkat ini. Jadi, agar hal ini tidak terjadi alangkah pentingnya bagi kita untuk menjaga kesehatan hardisk agar data kita aman.

Baiklah berikut saya akan memberikan tips-tips agar hardisk Anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

 

1. Gunakan Stabilizer
Stabilizer merupakan alat penstabil listrik yang juga sering kita sebut stavolt. Ini sangatlah penting mengingat naik turunnya tegangan listrik juga akan berakibat pada rusaknya hardisk ataupun komputer. Untuk itu gunakanlah alat ini.

2. Pasang Antivirus
Dengan antivirus akan mencegah adanya virus yang dapat menggangu. Virus yang mengganggu system operasi, bisa saja membuat system menjadi berat dan membebani kerja hardisk. Jika Setiap hari hardis terbebani bukan tidak mungkin jika hardisk Anda mengalami kerusakan dini.

3. Lakukan Defrag hard disk
Lakukan defrag pada hard disk dengan disk defragmenter dari Windows pada OS Windows atau menggunakan aplikasi defrag lainnya untuk mengelola dan merapikan data pada hard disk. Ini juga tidak kalah pentingnya mengingat perapian pada file akan berimbas pada meringankan beban kerja hardisk.

4. Gunakan UPS
UPS adalah alat penyimpanan energi listrik sementara. Jika lampu tiba-tiba mati, alat ini masih bisa menghidupi komputer Anda sehingga komputer tidak mati secara mendadak yang berbahaya bagi hardisk.

5. Uninstall Program yang tidak perlu
Uninstall atau hapus program-program yang kiranya tidak penting. Ini juga tidak kalah penting agar system dan hardisk Anda menjadi ringan

6. Gunakan Password
Gunakanlah  password windows atau bios pada komputer Anda agar orang lain tidak menggunakan komputer Anda secara sembarangan yang dapat meyebabkan kerusakan file ataupun komputer.

7. Gunakan kipas pendingin
Jangan biarkan hard disk menjadi terlalu panas sehingga menyebabkan kerusakan. Untuk itu gunakanlah kipas pendingin hardisk ( pada hardisk pc) atau gunakan kipas pendingin yang dipasang dibawah laptop agar semua aman.

Demikian tips dari saya untuk perawatan hardisk, semoga bermanfaat tunggu update terbaru ya :D

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...