Komputer / Komputer / Perawatan / Cara Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Total

Cara Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Total

Gambar laptop mati totalLaptop merupakan revolusi dari komputer pc yang dirancang khusus agar lebih mudah dibawa kemana-mana. Selain bentuknya yang lebih kecil, bobotnyapun lebih ringan dibanding dengan komputer desktop. Tapi dengan seringnya mobilitas membuat perangkat ini semakin rentan terhadap kerusakan. Ini bukan teori belaka, melainkan banyak yang telah mengalami kerusakan pada laptopnya lebih cepat dibanding dengan komputer biasa.

Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah tiba-tiba laptop mati total, alias tidak mau dihidupkan sama sekali. Hal ini bisa terjadi saat laptop dipakai atau setelah dimatikan dan didiamkan beberapa hari. Gejalanya saat ditekan tombol power “ON” tidak ada respon sama sekali pada laptop Kita. Baik lampu maupun kipas tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan.

Tapi tenang, solusi awal yang harus anda lakukan adalah bersikap tenang dan jangan panik. Alangkah baiknya Anda mencoba sendiri tips mengatasi laptop mati total berikut sebelum membawanya ke tempat servis.

  1. Cobalah untuk mencabut battery laptop anda, lalu pasang kembali. kemudian cobalah untuk menghidupkannya
  2. Cabut battery dari laptop, kemudian hidupkan laptop menggunakan charger, tapi tanpa battery
  3. Jika cara 1 dan 2 belum berhasil, maka cabut battery laptop Anda. Diamkan laptop kurang lebih 3 hari. Setelah itu coba lagi mudah-mudahan bisa.
  4. Bongkar laptop Anda, kemudian cabut bagian-bagian komponen seperti hardisk, memori, processor, Dvd drive, wifi card, dan kompenen lain yang bisa dicabut. kemudian bersihkan semua komponen termasuk mainboard menggunakan kuas. Coba pasang kembali pocessor dan memori. kemudian cobalah hidupkan menggunakan charger ( colok langsung )
  5. Jika belum berhasil maka bersihkan mainboard dengan tiner, kemudian keringkan dengan cara di angin-anginkan saja. kalau sudah kering cobalah kembali menghidupkan laptop Anda

Cobalah mempraktekkan cara-cara diatas satu persatu. Karena mengingat masalah laptop berbeda beda penyebab walaupun gejalanya sama. misalnya saya memiliki laptop yang sama-sama mati total. Tapi belum tentu penyebabnya sama.

Pernah ada kasus pelanggan membawa laptop yang mati total, setelah saya cek ternyata hanya wifi cardnya yang bermasalah. Pernah juga ada pelanggan yang membawa laptop mati total ternyata hanya perlu dibongkar dibersihkan dan dipasang kembali.

Tapi kalau cara-cara diatas belum berhasil juga, lebih baik Anda bawa kepada ahlinya.

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

6 comments

  1. muhammad.ali akbar

    thanks sobat

  2. thanks infonya gan.. Numpang promosi yah gan. Servis laptop dan jual sparepart laptop. kunjungi kami di http://www.metrolods.com

  3. Memperbaiki Laptop Rusak
    “Laptop Tidak Ada Power (MATI TOTAL)

    Analisa :

    Mati total artinya ketika laptop menggunakan baik batrei maupun AC adapter laptop sama sekali tidak menujukkan tanda tanda hidup. Pertanyaan paling dasar adalah ketika tidak ada power. bagian manakah pada sirkuit motherboard yang macet? Secara umum yang menjadi bagian utama daya sebuah laptop adalah yang namanya power supply di bagian mana?

    Bagian 1 : Periksa regulator tegangan 3.3V dan 5V

    1. Penelusuran hanya dengan menggunakan adapter AC
    2. Pastikan dahulu bahwa adapter dalam keadaan baik dan berfungsi
    3. Ukur tegangan yang keluar sebagai output AC adapter misal pada adapter tertulis 19.V silahkan ukur seperti pada gambar berikut :

    (Gambar 1.1)

    Jika pengukuran tegangan yang masuk Motherboard sudah yakin masih baik (dalam contoh di atas 19.03 volt), berarti kerusakan bukan pada adapter, melainan ada masalah pada sirkuit power suply pada motherboard.

    Untuk melihat sirkuit power supply motherboard, lihar gambar schematik berikut :

    (Gambar 1.2)

    1. Gambar tersebut menjelaskan bahwa Sirkuit tersebut adalah sirkuit power sistem yang biasa kita kenal dengan suply 3V dan 5V sistem atau dalam laptop yang berbeda dikenal juga 3.3V dan 5V.

    2. Sesuai prinsip kerja power supply laptop maka arus dan tegangan akan bekerja normal disini ketik adapter terpasang walaupun laptop dalam keadaan off. Setelah kita menekan tombol power barulah arus tegangan 3.3V dan 5 V ini menyebar ke seluruh motherboard. Dalam skema tersebut saya berikan tanda lingkaran lingkaran biru yang bisa menjadi titik pengukuran dengan multimeter.

    Anda dapat memulai pengukuran seperti pada titk yang saya lingkari biru pada gambar berikut :

    (Gambar 1.3)

    Dalam gambar dia atas saya akan mengukur pada titik induktor PL5 (5V) dan bentuk fisik PL5 adalah seperti pada gambar berikut :

    (Gambar 1.4)

    Dan hasil pengukuran tegangannya adalah 5.08Volt tepat seperti pada schematics. Lihat gambar disampingnya. Jika tegangan tidak sesuai misalnya hasil pengukuran rendah, silahkan telusuri skema suply tegangan seksi sebelumnya.

    Selanjutnya saya juga melakukan pengukuran tegangan pada PL2 yang menurut schema adalah 3.3V dan hasil pengukuran kami adalah seperti gambar di bawah ini :

    (Gambar 1.5)

    Catatan:
    Jika dalam pengukuran pada daerah power regulator ini tidak ada tegangan, telusuri jalurnya dari jack input dari adapter menuju motherboard.

    Bagian 2 : Periksa Regulator Tegangan KBC

    Selain pada sircuit regulator tegangan 3,3 V dan 5 V, Salah satu yang menyebabkan laptop mati adalah ketika chip keyboard controller tidak berfungsi. Nah dalam hal ini kita harus mengukur tegangan yang masuk ke area ini. Sesuai data skema motherboard kita kali ini chip KBC ini adalah U13 yaitu KBC 87541V. mari kita
    lihat skemanya paga gambar berikut :

    (gambar 1.6)

    Gambar schema di atas menunjukkan kemana arah power akan disalurkan ketika tombol power ditekan. Tegangan 3.3V harus masuk kesini (Gambar 1.7)

    Hasil pengukuran saya seperti gambar di bawah ini :

    (Gambar 1.8)

    Tegangan 3.3V jika dibanding data skema 3.3V berarti masih bekerja pada ambang normal

    Seharusnya jika kedua point diatas sudah bekerja dengan baik, laptop harusnya sudah menyala. Kasus selanjutnya adalah bagaimana jika laptop sudah menyala tapi tidak tampil (NO DISPLAY)

    —————————————————–

    Maaf ini hanya sekelumit contoh dari penulisan materi ebook yang saya jual.
    Judul ebook : Motherboard Laptop Repair
    Jumlah halaman : 195
    harga : 20.000
    Sumber : pengalaman servis pribadi
    Materi/daftar isi ebook selemgkapnya bisa dilihat di : http://berkah-ebook.blogspot.co.id/p/daftar-isi.html

  4. jasa service komputer panggilan
    http://www.mataharikomputer.com
    HP 081294209696

  5. Saya mau nanya kemarin laptop Acer E 431 saya mati total cuman lampu indikator hardisk yang biasa berkedip ini tidak berkedip itu apanya yang rusak bagaimana solusinya

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...