Komputer / Komputer / Keamanan / Berapakah Jumlah Antivirus yang Mesti Terpasang di OS?

Berapakah Jumlah Antivirus yang Mesti Terpasang di OS?

Masalah berapakah jumlah antivirus yang harus terpasa di operating system, hal ini masih menjadi perdebatan panjang sampai hari ini. Ada yang mengatakan cukup satu, ada yang mengatakan dua, ada yang mengatakan lebih banyak lebih bagus, bahkan ada yang mengatakan tidak perlu memasang antivirus dengan alasan bahwa antivirus merupakan biang dari banyak masalah.

Antivirus

gambar www.gadgetcage.org

Baiklah saya tidak akan menjawabnya dengan teori dan ego saya sendiri, melainkan berdasarkan pengalaman dan sedikit riset tentunya. Saya kurang setuju jika ada yang beranggapan bahwa lebih banyak antivirus itu lebih bagus. Faktanya, memasang lebih banyak antivirus dapat membebani Operating system. Mengapa? karena antivirus yang satu dengan yang lainnya akan saling berebut sumber virus, yang berakibat bentroknya antivirus yang sat dengan yang lainnya. Bahkan beberapa kasus yang saya dapatkan, antivirus aan mendeteksi antivirus lainnya sebagai virus.

Fakta selanjutnya bahwa antivirus merupakan aplikasi yang selalu berjalan didalam memori. Jadi, semakin banyak antivirus yang terpasang tentu semakin banyak pula ruang yang terpakai didalam memori tersebut, yang akhirnya memperlambat loading OS.

Saya juga tidak setuju dengan yang beranggapan bahwa lebih baik tidak memasang antivirus dengan alasan antiviruslah yang merusak dan menghapus data. Memang benar terkadang antivirus dapat menghapus data. Tapi, perlu digaris bawahi bahwa data yang terhapus adalah data yang telah terinveksi oleh virus. Dalam artian data yang bersih aman-aman saja. Jadi, tidak benar menuduh antivirus sebagai biang utamanya.

Sekarang mengenai jumlah antivirus yang harus terpasang di satu OS itu relatif. Tergantung pada spesifikasi perangkat komputer Anda. Hanya, saya menyarankan jika memori komputer Anda 1 GB keatas dan processor diatas pentium 4, alangkah baiknya dipasang 2 Antivirus sekaligus dengan catatan, satu antivirus lokal dan satu antivirus Internasional. Mengapa? Fakta membuktikan bahwa pendeteksian antivirus lokal dan Internasional terhadap virus itu tidak sama. Jadi sangat penting menggabungkan dua antivirus ini didalam satu OS.  Tapi tenang Anda tidak perlu khawatir mereka akan bentrok.

Pentingnya memasang antivirus lokal dan internasional adalah seperti telah kita ketahui bahwa antivirus lokal tidak bisa berdiri sendiri, karena kurangnya kemampuan mendeteksi virus Internasional. Begitu juga sebaliknya antivirus internasional perlu didampingi antivirus lokal sebab lemah dalam mendeteksi virus lokal.

Sekali lagi menurut saya sangat perlu memasang dua antivirus sekaligus, dengan syarat satu lokal dan internasional. Tapi ingat, sebaiknya jangan dilakukan pada komputer dibawah pentium 3 atau yang memakai memori dibawah 512 mb.

Cukup sekian saran dari saya, saran sangat diharapkan guna kesempurnaan artikel saya kedepannya.

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

2 comments

  1. Kayaknya memang ideal banget pasang 2 Antivirus.
    Satu lokal, satu global.
    Lagian yang lokal biasanya gak terlalu makan resource, jadi performa komputer bakal tetep aman sih.
    Dan juga tetep lihat versinya terus komparasi sama spesifikasi, kalo komputer jadul dipasang antivirus yang terbaru ya.. ampun dah.. :D

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...