Komputer / Komputer / Wawasan / Penyebab Power Off Hilang dari Status Menu Alternative Debian Wheezy

Penyebab Power Off Hilang dari Status Menu Alternative Debian Wheezy

Pada kesempatan yang lalu saya sudah menjelaskan bagai mana cara mengembalikan power off hilang di status menu pada Debian Wheezy yang menggunakan GNome 3 dan Gnome Shell. Waktu itu memang belum tau apa penyebab power off bisa hilang dari status menu alternative pada debian wheezy. Status Menu Alternative tempatnya berada diseblah kanan atas disudut layar Monitor Anda. Status menu ini berisi Nama Real pengguna, pemberitahuan, pengaturan sistem, kunci layar, keluar (Log Out), Suspend, Hibernate, dan Power Off.

Saya baru teringat setelah kembali membuka jendela Advanced Settings, pada saat itu sebenarnya sedang tidak mencari alternative lain untuk mengembalikan power off yang hilang atau juga mencari apa penyebab power off hilang pada Desktop Gnome 3 saya ini. Padahal pada saat saya membuka jendela Advanced Settings sedang ingin mengganti tema gnome 3 yang sudah lama tidak berubah, yah sesekali perlulah penyegaran sedikit.

Dari apa yang sudah saya sebut-sebut dari tadi mungkin Anda sudah bisa menebak dimana penyebab power off hilang dari status menu? kalau Anda menjawab karena mengganti tema gnome 3 jawaban Anda itu SALAH!. Ketika saya membuka jendela Advanced Settings ternyata disana ada sebuah tombol yang sangat mudah sekali untuk mengembalikan power off yang hilang dari status menu. Daripada harus mengetikkan perintah meski satu baris tetapi panjang dan tidak mudah untuk diingat. Dan dari situ juga saya ingat saya pernah mengganti tema dan mengklik tombol itu, dan saya rasa itulah penyebab power off hilang dari status menu.

Coba sekarang Anda lihat gambar di bawah ini, adalah gambar dari Advanced Setting, lihat isi dari Shell Extensions disana terlihat ada sebuah tombol Alternative Status Menu Extension. Menu itu pernah saya “off” kan, karena ada kata “menu” jadi dikira menu biasa atau sebagai menu tambahan yang isinya jarang digunakan karena dibarengi dengan kata “alternative”. Ha… ha.. Namanya juga lagi belajar, dan menggunakan ilmu kirologi, yaitu hanya berdasarkan perkiraan saja tanpa memiliki dasar keilmuan yang shahih.
power off off

power off on

Kalau pada tombol Alternative Status Menu Extension kita buat Off/Mati, maka 3 isi menu yakni Suspend, Hibernate, dan Power Off hilang. Dan setelah kita buat On/Nyala kembali, ketiga menu tersebut muncul lagi. Kemarin saya sudah menjelaskan panjang cara mengembalikan menu power off yang hilang di Gnome 3. Ternyata ada cara yang lebih mudah lagi dan ini hanya menggunakan mouse saja alias tinggal klik.

Kalau kemarin pernah saya bahas cara mengembalikan power off hilang dari status menu dan menggunakan sebaris perintah yang panjang seperti ini

gsettings set org.gnome.shell enabled-extensions "['alternative-status-menu@gnome-shell-extensions.gcampax.github.com']"

dan perintah itu akan membuat pengguna yang baru menggunakan linux menjadi “alergi” dan akan beranggapan linux itu kuno, masih saja pake command line padahal sudah ada mouse dan GUI. Padahal kalau dibandingkan GUI dan Command Line, jumlah perintahnya lebih banyak menggunakan Command Line.

Well, Sekarang kita tahu banyak dari satu kendala yakni hilangnya power off dari status menu, yang ternyata bisa kita munculkan lagi menggunakan metode yang berbeda-beda. Padahal antara metode yang satu dengan yang lainnya intinya adalah sama, yakni menggunakan extension Status menu hanya saja eksekusinya berbeda. Setelah ini apakah masih ada lagi metode lain untuk mengembalikan power off hilang atau penyebab power off hilang dari status menu yang lainnya yang mungkin karena kegagalan sistem atau yang belum terbayangkan saat ini.

Penulis: Edi Kartono

Foto Profil dari Edi Kartono
Sedang belajar menggunakan Sistem Operasi Linux Debian dan Ubuntu

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...