Komputer / Komputer / Software / Mengenal Distro Linux Debian 8 Jessie

Mengenal Distro Linux Debian 8 Jessie

distro linux debian 8 jessie

GNU Linux Debian atau kita sering mendengar orang menyebutnya Distro Linux Debian atau Debian, Sistem Operasi yang diedarkan sebagai perangkat lunak dengan lisensi terbuka. Distro Linux Debian sejak pertama kali muncul pada Agustus 1993 hingga saat ini telah memiliki banyak varian dan juga menjadi base sistem operasi turunan seperti Ubuntu, Turnkey Linux, Dreamlinux, Damn Small Linux, Xandros, Knoppix, BackTrack, serta Debian LinuxMint. Aneka Distribusi Linux yang kemudian dikenal dengan Distro sangat banyak sekali jumlahnya hingga ribuan , untuk distro linux besar yang terpantau di distrowatch.com hanya 275 Distro saja.

Dari sangat banyaknya varian dari distribusi linux itu, pada pihak tertentu merasa bangga karena GNU Linux sudah semakin diterima masyarakat saat ini. Dan bagi para pengguna yang baru ingin mempelajari atau migrasi ke sistem operasi terbuka ini justru membuat kebingungan untuk menentukan pilihan yang mana. Saya ingat kata teman yang waktu itu mengenalkan Distro Linux Debian sekitar tahun 2006, teman saya itu berkata “pilihlah distro linux yang paling banyak penggunanya”. Dan untuk kita tahu mana yang paling banyak penggunanya bisa dibuka di distrowatch.com yang biasanya diupdate setiap 3 bulan sekali.

Kebetulan waktu itu Distro Linux debian selalu berada pada urutan 5 besar, jadi saya memutuskan untuk menggunakan Linux Debian walaupun sempat juga menggunakan distro yang lain tapi masih turunan debian juga.

Linux Debian sendiri saat ini sudah mencapai versi 8 dengan nama sandi Jessie, rilis resmi distro linux debian pertama kali versi 1.1 yang diberi nama sandi Buzz. Rilis Distro Linux Debian bisa dikatakan tidak teratur seperti rilis Ubuntu yang bisa rilis setiap 2 kali dalam setahun pada bulan April dan September. Distro Debian juga dikenal dengan kestabilannya walaupun memiliki kekurangan yakni paket yang digunakan oleh debian bisa terbilang paket lama. Karena setiap paket yang akan dimasukkan kedalam repositoy harus lolos uji kestabilan sistem terlebih dahulu.

Distro Debian memiliki 29.000 paket software dan mendukung 9 arsitektur, karena menggunakan kernel linux dan juga 2 kernel BSD yakni kfreebsd-i386 untuk prosesor 32bit dan kfreebsd-amd64 untuk prosesor 64bit. Aristektur komputer yang didukung oleh debian termasuk juga pada komputer yang umum kita temukan sehari-hari dan mungkin juga Anda memilikinya yakni Intel dan AMD baik itu yang 32bit maupun yang 64bit. Saya rasa sekarang hampir semua prosesor telah menggunakan sistem 64bit. Kemudian arsitektur lain seperti ARM juga tidak ketinggalan serta sistem embedded dan server IBM.

Pada umumnya sistem operasi linux memiliki desktop environment yang menjadi standar installasi, pada distro linux debian menggunakan GNOME untuk keluaran sebelum debian 7 Wheezy. Pada rilis terbaru ini mulai dari debian wheezy telah menggunakan GNOME 3 dan GNOME Shell sebagai Desktop Environment default. Tidak terpaku pada satu desktop environment saja, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan yang lainnya seperti KDE yang terkenal dengan keindahannya dan lebih familiar untuk pengguna yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows, XFCE dan LXDE jika lebih mengutamakan kecepatan system dan lebih hemat sumber daya cocok juga untuk komputer lama.

Debian 8 Jessie resmi dirilis pada 25 April 2015 dan menggunakan kernel 3.16, padahal saat ini kernel linux sudah ada yang versi 4.2.2, jika dilihat dari versi kernel yang digunakan nampaknya jadul sekali ya. Dan itulah sifat dari debian, mereka tidak akan merilis sebuah sistem yang belum “matang” karena mementingkan kesetabilan dibandingkan dengan mengejar jadwal rilis. Karena itu juga distro ini tidak memiliki jadwal rilis seperti distro linux lainnya.

Pengguna Distro Linux Debian 8 Jessie akan mendapatkan dukungan teknis selama 5 tahun kedepan dari debian security tema dan debian long term support. Menggunakan standar init system baru yang disebut dengan systemd. Pada Systemd memiliki fitur yang memungkinkan untuk mempercepat waktu booting, mengisolasi bagian dari service dan init system yang lama yakni sysvinit juga masih tersedia jika dibutuhkan.

Dukungan terhadap UEFI juga semakin ditingkatkan pada sistem 32bit juga untuk sistem 64bit kernel dengan 32 bit UEFI firmware. Yang pada Wheezy hanya amd64 dan i386 untuk multi-arch. Memiliki 20.000 paket software yang stabil termasuk diantaranya

Apache 2.4.10
Asterisk 11.13.1
GIMP 2.8.14
GNOME Desktop Environment 3.14
GNU Compailer
Iceweasel
KDE Plasma dan KDE Applikasi
LibreOffice 4.3.3
Kernel Linux 3.16.7-ckt9
MariaDB 10.0.16 dan MySQL 5.5.42
OpenJDK
Perl
PHP 5.6.7
Samba 4.1.17
Tomcat 7.0.56 dab 8.0.14
XCFE 4.10 Desktop environment
Dan masih ada lebih dari 43.000 paket software yang siap untuk digunakan,

Dengan banyaknya arsitektur yang didukung oleh distro linux debian, mereka ingin menjadi sistem operasi yang universal. Mampu digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari komputer desktop, server, klaster, server database dan web. Hanya tinggal kita sendiri mau atau tidak.

Penulis: Edi Kartono

Foto Profil dari Edi Kartono
Sedang belajar menggunakan Sistem Operasi Linux Debian dan Ubuntu

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...