Komputer / Gamer / Install Linux Game 0 AD Debian Wheezy

Install Linux Game 0 AD Debian Wheezy

game 0 ad linux debianLinux game terdengar asing sepertinya bahkan katanya lagi jarang bisa ditemui game linux yang bagus grafisnya juga bagus gameplaynya. Dulu iya, pada masa itu memang sistem operasi linux hanya digunakan khusus untuk server saja. Bersama berjalannya waktu suara sumbang itu mulai sirna dan yang pernah menyatakan kalau menggunakan sistem operasi linux tidak ada game yang bisa dimainkan, pendapat ini bisa benar dan juga bisa salah. Bisa dikatakan benar adalah jika game yang dimaksud adalah game online windows yang menggunakan HackShield, Game Guard, dan Security Game online lainnya. Dan dikatakan salah apabila kalian mengatakan tidak ada permainan yang dibuat native untuk Linux. Buktinya banyak sekali permainan offline maupun online yang dibuat untuk linux, sekarang tinggal sebut saja genre apa yang kalian inginkan!?

Sejak adanya Graphical User Interface (GUI) ternyata developer game baik profesional maupun yang amatir mulai tertarik untuk mengembangkan Linux Game. Sebut saja salah satu publisher ternama yaitu SteamOS, sejak dua tahun lalu sudah menyediakan aneka Linux Game. Permainan yang biasa dimainkan pada sistem operasi windows sekarang sudah bisa dijalankan pada Linux termasuk juga Debian Wheezy. Namun saya tidak membahas SteamOS, yang rata-rata mereka menyediakan linux game berbayar. Kita disini sedang membahas game linux gratis dengan gameplay yang bagus.

Game 0 AD bergenre RTS (Real Time Strategy) yang berada dibawah lisensi Open Source dan dikembangkan oleh Wildfire Games dirilis pada 2 Oktober 2014. Berarti Game 0 AD baru saja merayakan ulang tahun yang pertama. Game 0 AD pada awalnya adalah sebuah konsep dari permainan Age of Empires II: The Age of Kings, karena memiliki keterbatasan dalam desain tim pengembang mencoba untuk berdiri sendiri yang dengan itu mereka akan lebih leluasa untuk mengembangkan ide-ide. Kemudian mereka mengunggah source code game 0 AD berawal dari sini sekurangnya ada 100 orang yang telah berkontribusi dan terus bertambah hingga mereka mendapat dana sebesar $33.251 untuk pengembangan proyek Game 0 AD dengan menyewa seorang programer.

Pada Game RTS (Real Time Strategy) umum memiliki komponen RTS yakni pembangunan, pelatihan tentara, peperangan, dan penelitian. Sedangkan Game 0 AD lebih bertemakan pada pembangunan dan peperangan. Unit-unit dan pasukan khusus pada setiap peradaban yang berbeda dalam komponen tanah yang disertai pembangunan dan kendaraan laut.

Masa-masa pada setiap fase peradaban berbeda-beda, ada 12 pilihan peradaban yang tersedia. Perjalanan waktu tidak berdasarkan pada fase, yakni fase desa, fase kota kecil, dan terakhir fase kota. Untuk berpindah fase, maka hendaknya dilengkapi terlebih dahulu membuat unit baru, lalu upgrade bangunan, dan teknologi baru.

Linux game 0 AD memiliki dua mode permainan, mode single player untuk bermain sendiri dan melawan komputer dengan peta yang sudah tersedia atau membuat sendiri peta dengan skenario. Dan mode multiplayer adalah mode kedua yang bisa dimainkan dengan dua orang, ini berarti lawan kita adalah orang. Mode multiplayer juga bisa menggunakan peta dan skenario buatan sendiri.

Pada mode multiplayer menggunakan jaringan peer to peer, dan ada salah satu komputer yang bertindak sebagai host yang akan mengatur banyaknya jumlah pemain, juga menentukan beberapa pengaturan dalam permainan.

Pada distro debian 6, untuk install game 0 AD masih agak sulit karena belum masuk dalam repository debian dan pastinya repot juga mengunduh file depends untuk permainan itu. Barulah pada debian wheezy install game 0 AD mudah tinggal buka synapric atau ketik sebaris perintah diterminal selesai. Bagi yang ingin install game 0 AD di Debian Wheezy bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Install Linux Game 0 AD di Debian Wheezy

Perintah berikut ini perlu user yang dapat menggunakan sudo, atau menggunakan root akes. Kita bisa saja langsung install dengan perintah

sudo apt-get install 0ad

Hanya versi yang tersedia direpository stable game 0 AD sudah terlalu lama versinya, bisa dibilang ketinggalan, meski ketinggalan ini adalah versi stabil dari debian yang sudah melewati proses “uji kelayakan” karena itulah mengapa banyak paket software di linux debian versinya jauh tertinggal.

Jika ingin versi game 0 AD yang terbaru bisa menambahkan repository backports namun ini belum diuji sepenuhnya oleh tim pengembang linux debian.

  1. Lewat Terminal
    sudo nano /etc/apt/sources.list

    tambahkan baris deb http://http.debian.net/debian wheezy-backports main lalu ctrl+o untuk menyimpan dan ctrl+x untuk keluar.

    lanjutkan dengan

    sudo apt-get update
    sudo apt-get install -t wheezy-backports 0ad
  2. Menggunakan synaptic
    Buka synaptic package manager
    game linux  0 ad synaptic
    Arahkan pointer mouse ke ujung layar atas sebelah kiri dan ketikkan synapticMasukkan password rootlinux game 0 ad password
    Tambahkan repository blackports, dari menu settings -> repository
    linux game 0 ad repoitory
    tambahkan source repository backports seperti gambar berikut
    repository bakcports debian wheezy
    oke dan Reload (Muat Ulang)game-0ad-muat-ulang
    install 0 ad, klik kanan pada 0 ad dan pilih “tandai untuk Dipasang”
    linux game debian wheezy
    Akan ada pernyataan bahwa selain paket yang dipilih akan ada paket dependensi yang harus dipasang juga serta paket yang menyebankan conflict akan dicabut.
    debian wheezy game linux
    Klik tandai dan dilanjutkan dengan klik Apply untuk mendownload sekaligus install Game 0 AD di debian wheezy.install game 0 ad debian wheezy
    Tunggu samapai selesai, cepat atau lama proses ini tergantung dari kecepatan koneksi internet yang Anda miliki.debian wheezy game 0 ad installFile yang akan diunduh sebesar 340MB dan setelah diinstall membutuhkan ruang kosong sebesar 785MB.

Penulis: Edi Kartono

Foto Profil dari Edi Kartono
Sedang belajar menggunakan Sistem Operasi Linux Debian dan Ubuntu

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...