Komputer / Komputer / Tutorial / GNOME 3 Status Menu Power Off Hilang di Debian Wheezy

GNOME 3 Status Menu Power Off Hilang di Debian Wheezy

menu power off hilangKemarin, telah kehilangan sesuatu pada Sistem Debian Wheezy saya pada status menu yang biasanya ada menu Power Off hilang entah kemana. Awalnya heran juga kenapa tiba-tiba bisa hilang, karena merasa tidak melakukan “oprek” pada sistem debian gnome saya hanya digunakan untuk ketik artikel blog. Setelah selesai posting blog dan berencana istirahat sebentar, lalu saya ingin mematikan komputer dan disitu saya baru menyadari ada yang hilang. Akhirnya rencana istirahat batal dan mencari bagaimana cara mengembalikan Menu Power Off yang berada di status menu. Sampai setengah hari belum juga menemukan solusi padahal waktu itu sedang online namun kenapa tidak searching saja. Ah ya sudahlah, masih bisa shut down dengan cara login sebagai root.

Meski bisa mematikan komputer sebagai root, rasanya kurang nyaman saja dan kali ini googling untuk menemukan solusi tercepat barangkali didunia maya ada yang pernah mengalami masalah serupa. Ternyata benar dugaan saya, banyak juga yang mengalami kejadian power off hilang dari status menu.

Ada 3 cara yang bisa diupayakan untuk mengembalikan menu power off yang hilang dari status menu. Cara mengembalikan menu power off hilang sudah dipraktikan tadi siang dan Alhamdulillah berhasil. Akhirnya menu power off saya kembali lagi pada tempatnya yaitu berada di status menu yang ada disebelah kanan atas lingkungan Desktop Environment GNOME 3.

Perlu diketahui sistem yang saya gunakan saat ini adalah Debian Whezzy 7.8 menggunakan Desktop Environment GNOME 3.4.2. Berikut akan saya bagikan 3 cara mengembalikan power off hilang dari status menu pada gnome 3.

Mengembalikan Power Off Hilang dari Status Menu

  1. Tahan ALT:
    Cara memunculkan kembali power off hilang dari status menu gnome 3 yang pertama lumayan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan orang yang belum pernah menggunakan linux sama sekali pun saya kira langsung mengerti cara ini. Caranya adalah menekan tombil ALT pada keyboard dan tahan setelah kita klik status menu. Maka menu suspend akan berubah menjadi power off saat itu juga, dan ketika tombol ALT dilepaskan tentu menu power off hilang dan kembali menjadi menu suspend.Seandainya Anda yang saat ini sedang mengalami hilangnya menu power off merasa sudah cukup dengan cara ini boleh-boleh saja. power off hilang dari status menuKetentuannya adalah setiap akan mematikan komputer harus mengikuti langkah seperti ini. Klik status menu kemudian tekan dan tahan tombol ALT di keyboard, saat menu suspend sudah berubah menjadi menu power off lalu klik dan masih dalam keadaan tombol ALT ditahan.Untuk cara pertama ini saya masih belum puas, karena tidak praktis dan pasti sudah terbiasa dengan klik saja tanpa ada bantuan keyboard saat mematikan komputer.
  2. Install GNOME Shell Extension:
    Setiap pengguna sistem operasi linux dilarang alergi dengan command line (perintah yang diketik). Tidak seperti sistem operasi yang populer saat ini, memberikan perintah hanya dengan mouse. Di linux walaupun sudah menggunakan GUI (Graphical User Interface) tetapi masih tetap mempertahankan command line karena lebih banyak instruksi yang diberikan kepada sistem.Solusi kedua mengembalikan power off hilang dari status menu adalah dengan menginstall extension. Perintahnya adalah

    sudo apt-get install gnome-shell-extension-alternative-status-menu

    Sudah itu saja hanya sebaris perintah, apt-get bisa juga diganti dengan aptitude. Sayangnya saya tidak bisa menginstall extension ini karena tidak ada direpository, pastinya harus ada yang ditambahkan di list repository hanya saja saya tidak tahu pada bagian apa. Jadi intinya yang kedua ini tidak bisa mempraktikkannya. Karena tidak bisa mempraktikkannya maka tidak tahu ini bisa bekerja atau tidak.

  3. Gunakan gsettings:
    Cara pertama sudah dipraktikkan dan berhasil mengembalikan power off hilang dari status menu, lalu cara yang kedua tidak bisa praktik karena tidak tau source repository yang harus ditambahkan, dan cara ketiga juga berhasil dipraktikkan hingga saat ini menu power off masih berada di status menu.Hanya satu baris perintah yang agak panjang saja, berikut perintahnya:

    gsettings set org.gnome.shell enabled-extensions "[[email protected]m']"

    power off hilangTekan enter dan tidak ada pesan error ataupun pesan berhasil dan sebagainya. Dan ternyata tanpa harus reboot system menu power off hilang sudah kembali pada tempatnya yaitu di status menu. Akhirnya saya tidak perlu repot lagi menekan tahan tombol ALT di keyboard atau login dulu sebagai root agar bisa mematikan komputer.menu power off normal

Terimakasih untuk semua teman yang senantiasa berbagi ilmu linux, dari semua komunitas distro linux apapun. Kalian selalu saling membantu memberi solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi. Karena komunitas linux bisa menjadi besar, dan karena bantuan kalian semua akhirnya menu power off hilang sudah kembali di pangkuan status menu.

Penulis: Edi Kartono

Foto Profil dari Edi Kartono
Sedang belajar menggunakan Sistem Operasi Linux Debian dan Ubuntu

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...