Komputer / Komputer / Tutorial / Cara Upgrade Debian Wheezy ke Jessie

Cara Upgrade Debian Wheezy ke Jessie

upgrade debian wheezyCara upgrade Debian Wheezy ke Jessie bisa dilakukan dengan beberapa cara, pada kesempatan ini saya akan menuliskan ada dua cara upgrade debian yang dirasa lebih aman daripada yang lainnya. Upgrade perangkat lunak dalam sebuah sistem komputer yang sudah berjalan termasuk hal penting yang hendaknya kita lakukan, terlebih lagi sistem komputer yang digunakan saat ini selalu terhubung dengan jaringan publik atau istilah gampangnya terhubung dengan internet alias sering online. Pentingnya melakukan upgrade berkaitan dengan keamanan dan perbaikan bug dari pengembang software terkait.

Sejak dirilisnya Debian 8 Jessie pada 25 April 2015, adalah kesempatan yang baik melakukan upgrade Debian Wheezy ke Jessie. Baik pada komputer yang digunakan untuk kepentingan server maupun desktop. Saya akan mencoba menuliskan secara ringkas tata cara upgrade Debian Wheezy ke Jessie yang akan dibagi menjadi dua cara mudah. Dan lebih fokus pada komputer desktop, karena untuk versi server saya kira semua sudah pada ekspert dan saya pun bukan yang mahir dalam menggunakan Linux Debian baru tahap belajar.

Sebelum kita melakukan upgrade debian Wheezy ke Jessie, ada baiknya untuk melakukan backup data terlebih dahulu. Untuk menghindari kehilangan data akibat kesalahan memilih opsi dan kegagalan sistem saat sedang upgrade.

Adapun cara upgrade Debian linux yang aman adalah dengan menginstall fresh sistem dari awal dengan menggunakan user yang sama. Apabila sistem sebelumnya menggunakan user rekano maka disistem yang baru gunakan juga user rekano dan jangan memformat partisi /home.

Menyinggung soal partisi, saya lebih suka membuat minimal 3 partisi dalam sebuah harddisk utama yakni
/ adalah partisi root yang isinya semua file dan folder sistem dan data.
/home ini partisi untuk kita menempatkan data setiap user yang terdaftar
swap partisi yang digunakan sebagai virtual memori dan partisi ini tidak terlihat di Nautilus atau Konqueror.

Apabila susunan partisi pada sistem operasi Anda saat ini mirip seperti itu maka tidak melakukan backup data juga tidak terlalu beresiko namun dengan syarat jangan diformat partisi /home

Cara Upgrade Debian Wheezy ke Jessie

Saya akan menuliskan ringkasan cara upgrade debian Wheezy yang pertama, dan berikut langkah-langkahnya

Backup seluruh data penting Anda

Data yang tersimpan dalam Linux OS biasanya terdapat pada direktory /home/<username>. Apabila anda menggunakan susunan partisi seperti yang di atas kemungkinan besar data Anda akan aman sebab kita nanti tidak memformat partisi /home dan ingat juga gunakan username yang sama pada sistem yang baru nanti. Atau jika merasa lebih nyaman silahkan backup saja.

Siapkan DVD installasi Debian 8 Jessie

Boot komputer dengan DVD Installasi Debian 8 Jessie, dan lanjutkan manginstall Debian seperti pada umumnya.
 photo boot-menu_zpseq9w57vh.jpg
Pada boot menu untuk melakukan apakah kompatibel dengan komputer yang digunakan atau tidak pilih live CD (Ada tidaknya menu ini tergantung file .iso yang Anda download). Pada menu Live CD ini Anda akan mendapatkan sebuah sistem operasi utuh yang sudah siap pakai tanpa harus menginstall ke dalam harddisk. Tujuannya adalah untuk uji coba apakah komputer kita kompatibel atau tidak.

Dan untuk melakukan installasi Pilih menu Install. Dan langkah selanjutnya pemilihan bahasa dan dalam contoh ini saya memilih bahasa Indonesia, jaringan, cek Disk, dan seterusnya diseuaikan saja atau biarkan default seperti itu hingga sampai pada proses pembuatan user.
 photo pembuatan-user_zpshhtbfvz3.jpg
Pada proses pembuatan User ini juga penting diperhatikan, buat nama user sama persis seperti nama yang kita buat sebelumnya agar nanti tidak perlu malakukan pindah data apabila nama user berbeda. Besar kecilnya huruf juga mempengaruhi, misalkan Rekano dengan rekano itu adalah berbeda.
 photo pilih-manual_zpsl7atberw.jpg
Tahap selanjutnya pemilihan partisi HARAP BERHATI-HATI PADA PROSES INI, kita akan memilih manual lalu tekan enter. Gambar di bawah ini partisi yang digunakan adalah 3 buah yakni partisi / (root), /home, dan swap. Dan Anda juga harus ingat pada partisi ke berapa letak /home berada.
 photo mengatur-partisi_zpszgqepz8l.jpg
Pada contoh gambar di atas partisi pertama adalah partisi root yang disimbolkan dengan / kemudian partisi ke 5 adalah partisi /home tempat data penting saya berada dan terakhir partisi swap berfungsi sebagai memori virtual dan berguna disaat memori fisik telah penuh.

Kita akan konfigurasi partisi pertama, pilih partisi 1 kemudian tekan enter maka akan tampil seperti berikut.
 photo partisi-5_zpskz3m5jaa.jpg
Bagian “Gunakan Sebagai” tekan enter dan pilih “sistem berkas berjurnal Ext4” tekan enter lagi dan jangan lupa juga buat penanda boot hidup yang hasil akhirnya seperti gambar berikut
 photo partisi-1-akhir_zpsnv3azwjn.jpg
Pada partisi 5, ini adalah lokasi data penting saya. Pada tahap ini harus berhati-hati jangan sampai kesalahan membuat data penting hilang. Pilih pada partisi 5 dan tekan enter dan tampilan awal sepeti gambar sebelumnya pada partisi 1. Hal yang perlu diingat adalah sebelumnya file sistem apa yang digunakan juga harus sama, misalkan sebelumnya menggunakan file sistem Ext4 maka yang ini juga gunakan Ext4 seperti contoh setiap bagian yang ingin diganti pilih terlebih dahulu lalu tekan enter.
 photo partisi-5_zpskz3m5jaa.jpg
perhatikan point penting berikut ini:
Gunakan Sebagai: Pilihlah yang sesuai dengan File System Sebelumnya, Ext4, Ext3, Ext2, atau yang lainnya.
Format Partisi INI: Pilih Tidak.
Titik Kait : ubah menjadi /home
Penanda bisa-boot: mati.
Perhatikan gambar berikut dan gambar sebelumnya.
 photo akhir_zpsjmpivbwb.jpg
Ini adalah hasil akhir dari kita mengedit partisi, sebelum melanjutkan bisa kita evaluasi terlebih dahulu perhatikan kolom yang ada huruf F, K, dan F. Huruf F menandakan partisi tersebut akan diformat dan huruf K menandakan partisi tersebut tidak diformat.

Setelah yakin barulah kita melanjutkan ketahap selanjutnya dan tinggal duduk manis menunggu hingga selesai.

Cara Upgrade Debian Wheezy ke Jessie Otomatis

Meski kita akan melakukan cara upgrade otomatis pastikan Anda sudah memiliki backup data penting. Dan disinilah pengguna Linux harus terbiasa menggunakan Command Line meskipun sudah dilengkapi dengan GUI. Silahkan buka terminal Anda dan bersiap mengetikkan beberapa baris perintah berikut:

Memastikan sistem

Maksudnya adalah pastikan terlebih dahulu semua paket yang sudah diinstall merupakan versi stabil (stable) baik itu Wheezy atau Jessie. Untuk mengetahuinya ketik perintah

nano /etc/apt/sources.list

dan inilah outputnya
deb http://ftp.us.debian.org/debian wheezy main contrib non-free
deb-src http://ftp.us.debian.org/debian wheezy main contrib non-free
deb http://ftp.us.debian.org/debian wheezy-updates main contrib non-free
deb http://ftp.us.debian.org/debian-security wheezy/updates main contrib non-free

Untuk keluar tekan tombol ctrl+x.

Update semua paket pada wheezy

Sebelum Upgrade Debian Wheezy ke Jessie, diwajibkan untuk melakukan update paket agar tidak ada paket software yang berstatus pending update dan ini juga akan menghasilkan OS yang baik pada jessie.

apt-get update

apt-get upgrade

tunggu sampai selesai bila ada pertanyaan jawab Y.
Setelah selesai barulah kita upgrade debian wheezy ke Jessie dengan perintah

apt-get dist-upgrade

namun sebelum proses dist-upgrade kita sekali lagi akan memastikan semua paket telah terupdate dengan baik, jangan sampai ada yang dalam status broken atau on-hold

dpgk –audit
dpkg –get-selections | grep hold

Apabila tidak ada masalah baru bisa kita lanjutkan mengubah isi file sources.list menjadi

deb http://security.debian.org/ jessie/updates main
deb-src http://security.debian.org/ jessie/updates main

deb http://ftp.at.debian.org/debian/ jessie main contrib non-free
deb-src http://ftp.at.debian.org/debian/ jessie main contrib non-free

Yang ada wheezy diubah menjadi jessie, selanjutnya

apt-get update

apt-get upgrade

apt-get dist-upgrade

Selesai, reboot.

Kekurangan cara upgrade yang pertama ini adalah paket software tambahan yang kita install secara manual pada OS sebelumnya akan hilang, namun sistem benar-benar baru

Cara upgrade debian wheezy ke jessie yang kedua dirasa lebih mudah, dan paket software yang diinstall sebelumnya tidak hilang.

Penulis: Edi Kartono

Foto Profil dari Edi Kartono
Sedang belajar menggunakan Sistem Operasi Linux Debian dan Ubuntu

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...