Komputer / Komputer / Perawatan / Sebaiknya Jangan Terlalu Lama Menyalakan Laptop

Sebaiknya Jangan Terlalu Lama Menyalakan Laptop

Laptop sudah menjadi suatu kebutuhan bagi berbagai kalangan. Biasanya laptop digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, tugas kuliah, browsing, atau untuk bermain game dan menghabiskan waktu berjam-jam lamanya atau bahkan 24 jam nonstop. Tapi tahukah Anda menyalakan laptop terlalu lama dengan minimnya pendingin (misalnya AC atau Coller Pad) dapat berakibat fatal. Penggunaan yang terlalu lama ini akan mengakibatkan laptop menjadi panas berlebih atau overheat sehingga membuat heatsink (alat pendingin pada komputer yang terbuat dari alumunium) menjadi rusak. Bukan hanya itu, komponen lain seperti harddisk, batterai, CPU dan yang lainnya juga akan mudah rusak.

Berdasarkan pengalaman pribadi, dulu saya sering menyalakan laptop semalaman untuk download, atau jika sedang mengerjakan project kuliah membuat program aplikasi dan masih belum menemukan error-nya, saya akan terus di depan laptop sambil mencari dimana kesalahannya, dan biasanya saya akan ketiduran hingga saya mendapatkan laptop masih menyala pada pagi harinya. Alhasil, laptop saya sekarang bermasalah. Baru 5 menit saya menghidupkan laptop sudah muncul peringatan “Warning : A problem with the cooling system has been detected. Please turn off the computer immediately, and return it for service.”, kemudian laptop saya mengeluarkan suara dan menjadi sangat panas. Batterai laptop saya juga sekarang hanya bisa bertahan sekitar 1,5 jam, padahal dulu bisa bertahan sampai lebih dari 3 jam. Selain itu, jika sudah dinyalakan lebih dari 4 jam, kinerja laptop saya berkurang. Laptop menjadi lambat, misalnya dalam membuka program aplikasi. Bahkan jika sudah digunakan lebih dari 10 jam, saat akan menutup aplikasi membutuhkan waktu hampir 1 menit sejak saya mengklik tombol close hingga aplikasinya benar-benar tertutup. Jadi untuk menutup beberapa aplikasi dan men-shut down laptop, saya membutuhkan waktu paling cepat 5 menit.

Jadi sebaiknya jangan menggunakan laptop terlalu lama. Gunakan laptop sekitar 5-8 jam saja. Jika terpaksa harus menyalakan laptop untuk waktu yang lama, sebaiknya di dalam ruangan yang dingin (ber-AC) atau menggunakan cooler pad / kipas untuk laptop agar suhunya tetap terjaga.

Penulis: Lutfia Afifah

Foto Profil dari Lutfia Afifah

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...