Komputer / Komputer / Info / Dampak Sering Melakukan Refresh Komputer

Dampak Sering Melakukan Refresh Komputer

Me-refresh komputer dengan menekan F5 di komputer atau dengan mengklik kanan lalu pilih Refresh, siapapun pasti pernah melakukannya. Anda pasti berpikir dengan me-refresh komputer, kerja atau loading komputer akan lebih cepat. Benarkah itu?

Sebenarnya ketika Anda me-refresh komputer maka CPU/Prosesor akan mereset kondisi ke status terakhir sistem. Pada saat komputer hang, berarti terjadi antrian yang sumber dayanya tidak terpenuhi tepat waktu sehingga mengakibatkan terjadinya antrian yang lebih panjang lagi.

Jadi apakah me-refresh komputer berulang kali dapat mempercepat loading komputer? Tidak sama sekali. Justru dengan seringnya melakukan refresh komputer hanya akan menambah beban kerja CPU dan membuat prosesor semakin panas.

Banyak yang mengira jika setelah komputer menyala kita me-refresh desktop dapat meningkatkan kecepatan performa komputer. Namun itu sama sekali tidak berpengaruh. Komputer akan tetap lambat jika memang komputer tersebut lambat, begitu juga sebaliknya.

Me-refresh komputer (desktop) berarti memuat ulang isi desktop, jadi jika kita melakukannya berulang-ulang atau menahan tombol F5 agak lama, itu membuat prosesor bekerja hingga 100%. Untuk membuktikanya, coba Anda buka Task Manager pada komputer Anda. Klik kanan pada Taskbar lalu pilih Start Task Manager, atau dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan. Setelah Window Task Manager terbuka, pilih tab Performance dan perhatikan CPU Usage. Nah, sekarang coba tekan F5 untuk me-refresh komputer. Apakah yang terjadi? Bisa terlihat ketika kita menekan F5, performa CPU akan mencapai 100% lalu kembali turun dalam waktu singkat.

Pada komputer yang lambat, terlalu sering me-refresh komputer juga bisa membuat komputer hang karena komputer akan kesulitan memuat ulang desktop. Hal ini juga bisa terjadi pada komputer yang start-upnya cukup banyak sehingga dengan me-refresh dapat menambah beban kerja sampai komputer pun kewalahan dan akhirnya terjadi hang.

Jadi, jika Anda ingin me-refresh komputer, cukup lakukan sekali saja. Mungkin jika Anda hanya melakukannya sekali, tidak menjadi masalah, CPU bisa menanganinya. Tapi jika itu dilakukan berulang kali, Anda akan mendapatkan penurunan performa prosesor Anda.

Penulis: Lutfia Afifah

Foto Profil dari Lutfia Afifah

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...