Komputer / Review / Tips Membeli Laptop Tahun 2015

Tips Membeli Laptop Tahun 2015

Membeli laptop seringkali terasa satu hal yang sangat sulit untuk diputuskan karena begitu banyaknya pilihan produk dengan spesifikasi yang menggiurkan dan harga yang kompetitif. Namun, yang pertama harus diperhatikan adalah untuk kebutuhan apa Anda membeli laptop? Mungkin Anda cukup membeli netbook, atau ultraportable laptop, atau mungkin Anda butuh laptop kelas menengah, atau bahkan kelas atas.

Jika Anda masih bingung hendak membeli laptop yang bagaimana, tips membeli laptop tahun 2015 untuk Anda sangat dibutuhkan.

“Laptop apa yang harus kubeli?” Ini adalah pertanyaan sederhana, dan pertanyaan yang paling sering dilontarkan. Namun “Laptop apa yang harus kubeli?” adalah pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab. 

Kendati bertebaran di pasaran laptop dengan harga murah sampai super mahal, namun Anda akan kesulitan menentukan pilihan ketika pertanyaannya adalah “Laptop apa yang harus kubeli?”.

Untuk menentukan pilihan laptop yang sesuai, silahkan jawab pertanyan-pertanyana ini sebagai tips membeli laptop tahun 2015:

  • Spesifikasi apa yang ingin saya cari?
  • Pabrikan apa yang saya pertimbangkan?
  • Seberapa besar Anggaran saya?

Namun, dengan membeli laptop yang baik tahun 2015 ini akan bertahan selama 4 sampai 5 tahun ke depan. Yang harus Anda pastikan adalah bahwa apa yang Anda beli sesuai dengan Anda.

1.  Spesifikasi apa yang ingin saya cari?

a. Processor 

Yang pertama harus dipertimbangkan adalah processor. Hari ini, umumnya orang menggunakan laptop untuk browsing, internet, kirim email, pekerjaan kantor, edit foto, atau bahkan edit video ringan. Processor Intel Core i3 dirasa sudah cukup memadai untuk pekerjaan di atas, namun tidak akan memadai jika Anda pecinta game, apalagi game tiga dimensi yang berat.

Untuk pecinta game memang akan terbaik jika prosesor yang dipilihnya adalah Core i7, minimal core i5.  Sementara, pasar processor dikuasai oleh Intel, tetapi jika dana lebih terbatas, lebih baik Anda memilih AMD, daripada intel Atom yang hanya cocok untuk pekerjaan ringan. 

b. Memori RAM

Memori RAM juga perlu diperhatikan. Minimal RAM 3 GB itu sudah cukup memadai, namun lebih tinggi jauh lebih bagus, apalagi Anda melakukan pekerjaan video editing ataupun bermain game. Semakin tinggi RAM semakin baik.

c. Harddisk

Harddisk, meskipun laptop 2015 nyaris semuanya berkapasitas minimal 500 GB, jika ada yang lebih besar daya tampungnya, mengapa tidak mencari yang lebih banyak? Ini untuk mengantisipasi Anda menyimpan foto, video, musik dalam jumlah yang sangat besar, sehingga tidak terasa cepat habis.

d. display (layar)

Ukuran layar juga menjadi bahan pertimbangan. Apakah Anda tipe orang yang sangat mobile? Jika iya, pilihan ukuran maksimal 13.3″ rasanya tepat. Namun jika Anda ingin menjadikan laptop seperti PC, akan nyaman jika Anda memiliki layar ukuran yang lebih besar, bahkan sampai ukuran 17″.

e. VGA

VGA, menjadi sangat penting dan perlu diperhatikan jika tujuan Anda membeli laptop adalah untuk bermain game, video editing, design grafis, ataupun pekerjaan berat lainnya. Namun jika hanya pekerjaan kantoran, browsing internet, shared VGA sudah sangat memadai.

f. konektivitas 

Konektivitas juga bagian penting lain untuk dipertimbangkan. Sebagian ada laptop yang masih belum mendukung semua konektivitas, misalnya Bluetooth. Ada baiknya, Anda pertimbangkan laptop yang memiliki semua konektivitas itu.

2. Pabrikan apa yang harus saya pertimbangkan?

Beberapa tahun lalu pabrikan lokal sangat banyak dan beredar luas, namun dari sisi kualitas dapat ditebak: beberapa bulan sampai 2 tahun laptop sudah tidak dapat dipakai lagi. Mengapa Anda tidak mempertimbangkan pabrikan yang sudah punya nama, misalnya Apple, ASUS, Acer, Dell, Lenovo, Toshiba, HP, Sony, MSI, dan beberapa merk lain yang terkenal. Merk-merk laptop itu jauh lebih awet dibandingkan merk-merk lokal yang tidak terkenal.

3. Berapa banyak uang yang harus saya siapkan?

Jika kebutuhan Anda hanya kebutuhan ringan, seperti browsing internet, pekerjaan kantor, atau edit foto ringan, anggaran 3 – 4 juta rupiah rasanya sudah dapat produk yang sangat mumpuni. Akan tetapi jika Anda membutuhkan laptop untuk pekerjaan yang lebih berat, misalnya video editing, anggaran 5 uta rupiah ke atas perlu Anda siapkan.

Dengan mempertimbangkan 3 pertanyaan di atas sebagai tips membeli laptop tahun 2015, sudahkah Anda menemukan jawabannya? Jika belum, sebagai bahan referensi, Anda dapat melihat daftar harga berbagai jenis laptop dan spesifikasi lengkapnya, misal  di sini rakitan.com/kategori.php?sh=1&id=4.

Ilustrasi: www.hubpages.com

Penulis: Lintang Sunu

Foto Profil dari Lintang Sunu
Seorang Financial Service Consultant di sebuah perusahaan asuransi swasta terbesar di Indonesia. Aktif dalam dunia blogging sejak tahun 2008 dan fokus pada masalah sosial, perencanaan keuangan, dan kritik sosial.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...