Komputer / Komputer / Perawatan / Tips Simple Nan Mudah Cara Merawat Laptop Agar Awet

Tips Simple Nan Mudah Cara Merawat Laptop Agar Awet

Mungkin anda sudah tahu dan mengerti cara merawat laptop, notebook, ataupun netbook. Apalagi banyak tulisan di internet yang telah membahasnya. Namun sayangnya tak sedikit kejadian atau hal-hal sederhana yang terjadi secara tiba-tiba dan membuat anda kecewa karena terlalu menyepelekannya.

Suatu laptop yang mahal atau bermerek bukanlah merupakan jaminan terhadap daya tahan dan keawetannya. Setiap produsen laptop umumnya juga selalu menyediakan garansi yang umumnya berlaku setidaknya selama setahun. Garansi ini disediakan untuk berbagai jenis kerusakan yang dialami konsumennya, namun tentu dengan detail jaminan yang berbeda-beda antar produsen.

Cara Merawat Laptop

Meskipun anda memperoleh garansi dan kartu garansi telah anda simpan dengan baik, namun sebaiknya anda tidak perlu mengandalkan jaminan tersebut. Apalagi jika dengan kartu garansi itu anda malah merasa bisa seenaknya memperlakukan laptop atau netbook anda. Sebab tak jarang ada kerusakan tertentu yang mengharuskan anda untuk mengeluarkan biaya tambah meski laptop masih dalam masa garansi.

Nah, berikut ini tips praktsi dan simple cara merawat laptop, notebook, ataupun netbook yang semoga berguna untuk anda.

1. Jauhkan Laptop dari Makanan atau Minuman

Laptop atau netbook merupakan komputer portabel yang sangat sensitif terhadap air, karena itu saat anda menggunakan laptop sebaiknya dijauhkan dari minuman atau makanan. Begitu juga jika anda perokok, sebaiknya waspada terhadap percikan api rokok yang bisa masuk ke sela keyboard. Keyword laptop berbeda dengan desktop yang bisa dibeli terpisah sementara keyboard laptop mungkin anda akan mengeluarkan banyak biaya jika sampai rusak.

2. Jaga Keawetan Baterai

Salah satu kelemahan laptop adalah baterainya yang sering cepat rusak. Rusak bukan tak bisa dipakai lagi tetapi daya simpannya yang makin menurun. Hal ini terutama disebabkan karena laptop terlau lama di charge. Karena itu jika laptop anda tersambung charger saat digunakan segera cabut jika telah penuh dan colokkan lagi setidaknya ketika tenaga masih sekitar 20 persen. Sebaiknya jangan membiarkan baterai habis baru dicolokkan kembali agar baterai dapat lebih awet.

3. Hindari Memasukkan Laptop Panas ke Tas

Setelah laptop digunakan biasanya masih menyisakan panas. Tips penting sebagai cara merawat laptop yang baik adalah jangan langsung memasukkan laptop ke dalam tas setelah digunakan. Diamkan beberapa menit hingga panasnya berkurang laptop tidak cepat rusak.

4. Hindari Laptop dari Tekanan Berat

Laptop merupakan produk elektronik yang cukup sensitif. Karena itu jangan pernah menumpuk atau memberi tekanan pada laptop dengan benda berat, seperti buku atau benda lainnya. Anda sebaiknya juga tidak membiasakan diri meletakkan lengan anda di atas laptop. Begitu juga dalam meletakkan laptop di dalam tas, sebaiknya tidak dicampur dengan buku atau benda berat lainnya. Tekanan yang diterima laptop justru akan membuat LCD pada monitor akan mudah rusak.

Cara Merawat Laptop Agar Awet

5. Hindari Menyemprot Laptop dengan Air

Saat membersihkan laptop maupun monitornya tak jarang orang melakukannya dengan cara menyemprotkan percikan air dari spray secara langsung. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena partikel air yang masuk ke laptop akan sangat membahayakan keamanan laptop. Sebaiknya semprotkan terlebih dahulu ke kapas atau kain halus untuk mbersihkan laptop.

6. Perlakukan Laptop dengan Hati

Hindari sikap ceroboh dalam mendayagunakan laptop anda. Perlakukan laptop dengan hati anda atau seperti perhiasan yang harus anda hargai. Meninggalkan laptop di tempat umum meski hanya beberapa saat akan sangat rawan dengan pencurian. Meletakkannya dilantai juga rawan terinjak atau ketendang.

Itulah beberapa tips mudah dalam merawat laptop yang semoga lebih medorong anda untuk memberikan perhatian lebih untuk peralatan elektronik itu. Meski lebih sekadar sebagai benda utuk mendukung pekerjaan, namun tak sedikit orang yang merasa sangat terbantu dan bahkan memiliki sejarah indah dengan laptopnya. Karena itu melalui cara merawat laptop dengan baik tentunya akan membuat kenangan itu terpelihara lebih lama.

Gambar ilustrasi: pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...