Komputer / Komputer / Software / Dua Cara Menjalankan Android di PC Komputer atau Laptop

Dua Cara Menjalankan Android di PC Komputer atau Laptop

Mungkin banyak orang yang belum tahu cara menjalankan android di PC, komputer atau laptop. Bahkan tak sedikit yang meragukannya, bisakah kita bermain game apk android dengan menggunakan komputer di rumah atau laptop. Apalagi perkembangan game maupun apk android yang begitu bejibun dan gratis tentu membuat kita seperti ngiler untuk memainkannya sementara tak ada HP android yang kita miliki.

Jika anda sering berkunjung ke Playstore tentu anda akan menemukan begitu banyak aplikasi yang sangat menarik dan menantang untuk dimainkan. Apalagi ukuran file rata-rata aplikasi android tidak begitu besar sehingga tidak akan membebani komputer atau laptop kita.

Cara Menjalankan Android di PC

Nah, jika anda tertarik dengan berbagai aplikasi android yang ada, terutama berbagai jenis game yang sangat menarik, dan ingin menjalankannya di komputer ada cara mudah yang bisa dilakukan. Anda tak perlu menginstal program andoid di komputer anda ataupun mengubah laptop anda menjadi android. Salah satu cara menjalankan android di PC komputer atau laptop adalah dengan menggunakan android emulator.

Sebenarnya ada cukup banyak jenis android emulator yang tersedia, namun sayangnya kebanyakan berbayar sehingga tentunya bukan merupakan pilihan yang menyenangkan. Namun dari sekian banyak android emulator yang ada, setidak ada 2 yang direkomendasikan sekaligus gratis.

1. Google Official Emulator Android

Emulator Android ini memang disediakan oleh Google secara gratis terutama diperuntukkan bagi para pengembang. Meskipun demikian kita bisa juga untuk mencobanya. Berikut langkah untuk menginstalnya.

  1. Download terlebih dahulu Java, kemudian unduh SDK Tools dari Google dengan memilih ‘use an existing IDE’. Setelah itu install.
  2. Sekarang jalankan SDK Manager dan install file Android yang direkomendasikan dengan cara menekan tombol instal dimana SDK Manager secara otomatis akan mengunduh dan menginstal software yang diperlukan tersebut.
  3. Jika proses download selesai lalu pilih menu Tools dan pilih Manage AVD kemudian tekan tombol New untuk membuat virtual device yang baru. Anda hanya perlu memilih device yang tersedia maupun versi Android yang anda install dan jangan lupa member nama virtual device anda. Setelah itu tekan OK untuk proses pembuatannya.
  4. Setelah anda melihat virtual device yang baru pada Virtual Device Manager, kemudian tekan tombol Start dan klik Launch untuk menjalankan Android Emulator dan tunggu hingga prosesnya selesai.

2. Bluestacks App Player

Cara menjalankan android di PC atau laptop yang kedua adalah dengan menggunakan android emulator yang disediakan oleh Bluestacks. Meskipun tools ini gratis, namun komputer yang akan anda gunakan untuk menjalankannya ternyata harus cukup canggih. Yap, sebab Bluestacks mensyaratkan PC atau laptop anda minimal memiliki RAM 2 GB dan sistem operasi yang anda gunakan setidaknya adalah Windows XP SP3, Windows 7 atau Mac, sistem operasi lainnya tampaknya belum bisa.

Cara Menjalankan Android di Komputer

Berikut ini tahapan untuk memanfaatkan Bluestacks

  1. Download terlebih dahulu Bluestacks App Player melalui website resminya di:bluestacks.com
  2. Pilih dan tekan saja kotak menu berwarna hijau muda bertuliskan ‘Download App Player’ untuk mengunduhnya di komputer anda.
  3. Setelah itu instal Bluestacks App Player hingga selesai.
  4. Setelah instalasi selesai, jalankan programnya dari menu start komputer anda.

Instalasi Bluestacks secara default menyediakan sekitar 10 aplikasi yang bisa anda langsung mainkan. Untuk menambah aplikasi yang lain, silahkan kunjungi dan unduh langsung dari channels.bluestacks.com ataupun dari Playstore dengan menggunakan akun gmail anda.

Itulah langkah yang bisa anda lakukan dalam memanfaatkan android emulator untuk menjalankan berbagai aplikasi android di komputer anda. Anda bisa mencari ribuan game atau apk lainnya di Playstore secara gratis. Dengan cara menjalankan android di PC komputer atau laptop tentunya akan memberikan pengalaman hiburan yang lebih baik meski tanpa memiliki ponsel android.

Gambar : google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...