Komputer / Komputer / Hardware / 6 Tips Simpel Memilih Hardisk Eksternal

6 Tips Simpel Memilih Hardisk Eksternal

Bagi sebagian orang memilih hardisk eksternal baru mungkin bukan merupakan masalah. Apalagi jika kita memahami tentang hardware ataupun elemen yang terdapat di dalamnya. Namun bagi sebagian yang lain, membeli hardisk portabel semacam itu bukan hal mudah. Apalagi kasus hardisk yang tak berumur panjang meski baru seringkali kita dengar.

Saat ini ada banyak pilihan hardisk eksternal jika anda bermaksud untuk membelinya. Hardisk yang mudah dibawa kemana saja ini tidaklah mirip atau serupa dengan tempat penyimpanan data portabel lainnya seperti flashdisk. Hardisk tentu saja memiliki kapasitas yang jauh lebih baik dan lebih besar dibandingkan flashdisk meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama.

Hardisk Eksternal

Memilih hardisk portabel yang tidak tepat bisa membuat anda kecewa ke depannya. Karena itu penting sekali untuk mengenali berbagai hal saat membeli dan memilih hardisk eksternal.

1. Kesesuaian Kapasitasnya

Pertimbangan pertama dan utama seseorang mencari untuk membeli hardisk portabel adalah pada kapasitas yang diinginkannya. Dibandingkan flasdisk, hardisk tentu saja mampu menyediakan kapasitas yang jauh lebih besar. Bahkan saat ini telah ada hardisk portabel dengan kapasitas di atas 1 TB. Namun saat membeli selalu cek kapasitas riil dari hardisk yang anda beli, jangan sampai label yang tertera berbeda dengan isinya.

2. Pilih Harga atau Merek

Mungkin untuk produk lain masalah merek tak selalu berkorelasi dengan soal kualitas dan harga. Namun untuk produk elektronika, khususnya hardisk, soal merek cukup menentukan. Apalagi dengan banyaknya produk impor yang begitu murah namun justru rawan dengan kerusakan. Apalagi memilih hardisk ekternal berhubungan dengan data dan dokumen penting anda sehingga masalah kualitas sebaiknya tidak disepelekan.

3. Kelengkapan Plug and Play

Meskipun umumnya hardisk eksternal yang dijual di pasaran telah menyediakan layanan plug and play, namun sebaiknya anda memastikannya sebelum membeli. Fitur ini memudahkan dalam menghubungan hardisk portabel tersebut ke perangkat komputer anda dengan menancapkannya saja seperti flashdisk.

4. Fitur Recovery

Fitur ini sangat berguna untuk mengantisipasi berbagai hal tak terduga yang akan bisa membuat anda stress da kecewa, seperti data yag rusak atau korup sehingga tak bisa dibuka dan sebagainya. Dengan adanya fitur ini, maka maka hardisk akan mampu melakukan recovery dan membackup data anda sehingga data bisa dipulihkan kembali.

Memilih Hardisk Eksternal

5. Periksa Kecepatan RPM

Saat membeli hardisk portabel baru sebaiknya juga diperiksa kecepatan RPM yang ada. RPM memperlihatkan tingkat kecepatan hardisk dalam memutar piringan metalnya. Kebanyakan hardisk eksternal memiliki kecepatan 5400 RPM dimana semakin tinggi RPM-nya maka akan semakin baik dan makin cepat pula dalam membaca dan mengolah data.

6. Kekuatan Shockproof

Hardisk portabel berbeda dengan hardisk internal terutama pada daya tahannya terhadap tingginya risiko saat dibawa kemana-mana. Karena itulah pabrik pembuat hardisk portabel sangat memperhatikan masalah shockproof atau daya tahannya terhadap getaran ataupun benturan. Umumnya masing-maisng merek berbeda-beda dalam mengklaim kekuatan atau daya tahan yang ada pada produk buatannya namun umumnya hardisk portabel memiliki shockproof sekitar 3G atau tiga kali dari kecepatan gravitasi. Selain soal getaran tak sedikit pula pabrikan yang menyediakan kemampuan yang tahan debu (dustproof) ataupun tahan air (waterproof).

Itulah berbagai hal yang sebaiknya diperhatikan dengan cermat saat membeli dan memilih hardisk portabel. Meskipun umumnya produk elektronik menyertakan adanya jaminan garansi, namun sebelum membeli sebaiknya anda benar-benar teliti. Bijak dan teliti dalam memilih hardisk eksternal yang tepat akan mengurangi risiko kehilangan data penting anda di kemudian hari.

Sumber Gambar : pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. Nice Tips…

    mampir juga gan di >> Infostore lihat barang elektronik berkualitas.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...