Komputer / Perawatan / 6 Tips Mudah Merawat Monitor Komputer

6 Tips Mudah Merawat Monitor Komputer

Merawat monitor komputer bagi sebagian besar pengguna computer mungkin bukanlah hal yang penting. Bahkan penulis yakin, umumnya pengguna computer kurang atau bahkan tidak memperhatikan soal perawatan ini. Apalag monitor dianggap memiliki bentuk dan system yang tertutup dari pabriknya sehingga tidak mudah dibuka oleh sembarang orang yang tidak memiliki wewenang.

Monitor merupakan bagian dari perangkat komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil kerja yang dilakukan oleh pengguna pada CPU (central processing unit) melalui output device yang telah disediakan. Tanpa adanya monitor seorang pengguna computer tak akan mampu mengetahui apa yang dikerjakannya.

Saat ini ada banyak jenis monitor yang tersedia di pasaran. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang kian cepat, bentuk monitor pun tak lagi besar dan gemuk seperti sebelumnya. Kebanyakan monitor yang dihasilkan pabrik saat ini telah menggunakan teknologi LCD, LED, ataupun CRT.

Merawat Monitor Komputer

Selain bentuknya yang lebih ramping dan semakin kecil, monitor terbaru juga mengusung berbagai kebutuhan dan kepentingan praktis agar lebih disukai oleh konsumennya. Monitor-monitor komputer yang ada saat ini umumnya lebih berorientasi pada kepentingan lingkungan, seperti lebih hemat energy dan tentunya juga lebih tajam dan lebih fungsional.

Sebagai bagian dari perangat computer, fungsi monitor pun makin fleksibel sesuai dengan kebutuhan konsumen yang kemudian diformulasikan oleh perusahaan produsen dalam bentuk yang lebih sesuaikebutuhan pasar. Karena itulah kita mengenal computer yang bersifat mandiri atau terpisah dari perangkat CPU. Kita juga mengenal beragam bentuk laptop atau netbook dimana monitor secara default menyatu dengan perangkat lainnya.

Perkembangan teknologi gadget yang sangat pesat juga melahirkan berbagai perangkat baru yang makin padat. Tablet boleh dikata merupakan revolusi yang mampu menyulap komputer yang begitu banyak bagiannya menjadi sebuah bentuk yang tunggal dan ringkas. Namun dalam kesempatan postingan kali ini kita tidak akan membahas tentang monitor tablet atau soal gadget.

Cara Merawat Monitor Computer Yang Praktis

Seperti sudah dipaparkan dimuka, kebanyakan pengguna komputer kurang begitu peduli dalam merawat monitor komputer. Padahal jika anda tidak berhati-hati, monitor akan cepat rusak. Dan jika sudah rusak tak ada yangbsa anda lakukan kecuali menghantarkannya ke tempat tukang service, sehingga anda harus megeluarkan biaya tambah yang semestinya tidak perlu terjadi.

Cara Merawat Monitor Komputer

Nah, sebelum anda menyesal akibat rusaknya monitor anda, berikut ini beberapa tips praktis menyangkut cara merawat monitor komputer agar awet dan tahan lama.

  1. Ada banyak cara meletakkan monitor computer, baik di atas CPU tidur ataupun di atas meja. Apalagi dengan banyaknya model meja computer yang menyediakan rak untuk meletakkan monitor. Apapun bentuk meja yang anda gunakan, pastikan anda meletakkan monitor dalam posisi yang kokoh dan aman. Jangan meletakkan monitor terlalu di pinggir meja atau mudah tersenggol yang dapat menyebabkan monitor jatuh dan hancur.
  2. Saat menghidupkan computer, sebaiknya anda menggunakan stabilizer atau penstabil tegangan listrik untuk monitor anda (stavolt). Kondisi listrik di negara kita umumnya tidak stabil dan sering naik turun yang cukup membahayakan perangkat computer anda.
  3. Sebaiknya hindari pemakaian monitor secara terus menerus hingga 24 jam nonstop agar monitor lebih awet dan tahan lama. Kalaupun monitor harus hidup selama 24 jam, pastikan ruangan kerja Anda ber-AC atau ruangan anda tidak terlalu pengap.
  4. Pastikan monitor anda telah dimatikan setelah menggunakan computer. Monitor LED atau LCD tak sedikit yang menggunakan power suplay terpisah dari CPU-nya.
  5. Manfaatkan pengaturan screensaver komputer yang disediakan oleh software computer saat computer tidak digunakan yang berguna untuk membuat monitor lebih awet
  6. Bersihkan layar monitor computer anda secara berkala dengan menggunakan kain halus yang bersih. Khusus untuk merawat monitor komputer pada laptop atau netbook saat ini banyak tersedia LCD cleaner untuk membersihkannya dari debu yang lebih praktis.

Gambar:pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...