Komputer / Komputer / Gamer / Tips Memilih Laptop Untuk Gaming Terbaru

Tips Memilih Laptop Untuk Gaming Terbaru

Laptop merupakan salah satu sarana terbaru untuk bermain game. Seperti yang diketahui, sebelumnya orang hanya bisa bermain game melalui video game, playstations, dan sebagainya. Akan tetapi, seiring dengan kemajuan zaman, game juga bisa dimainkan dengan ponsel ataupun laptop.

Akan tetapi tidak semua laptop mampu menjalankan software game. Hal ini dikarenakan, setiap game memiliki kebutuhan yang berbeda baik pada RAM, bahkan opada VGA. Biasanya laptop yang digunakan untuk bermain game haruslah memiliki spesifikasi yang mumpuni. Karena bisa jadi game yang dimainkan menjadi lamban serta menyebabkan laptop mudah rusak, akibat selalu dipaksa untuk bekerja terlalu berat yakni menjalankan game.

Tips Memilih Laptop Untuk Gaming  Terbaru

Untuk itulah dibutuhkan beberapa tips memilih laptop untuk gaming. Jika laptop sudah mumpuni untuk menjalankan game, maka pembca ekstra Komputer  tidak perlu khawatir laptop akan hang atau bahkan lemot. Berikut beberapa tips memilih laptop untuk gaming yang bisa dilakukan:

1. Prosesor

Bagi laptop ataupun komputer, prosesor merupakan bagian vital yang sangat mempengaruhi kinerja laptop. Ibaratkan otak, prosesor laptop juga harus memiliki kemampuan untuk menjalankan game. Untuk itu pilihlah prosesor yang memiliki spek cukup tinggi dengan cara melihat tinggi clock speed (GHz), cache, jumlah inti otak (core), dan system hyper treading.

2. Video Graphic Adapter (VGA)

VGA memiliki peranan yang sangat penting dalam laptop gaming khususnya dari sisi grafis. Jadi, kendati laptop tersebut memiliki kualitas mumpuni namun VGA-nya rendah, biasanya akan mengalami lag bahkan bisa juga mengalami bottleneck. Oleh karena itu dalam memilih laptop untuk gaming sebaiknya mencari yang memiliki memori VGA tinggi.

3. Random Access Memory (RAM)

Seperti halnya VGA, RAM juga memiliki peran penting dalam dunia gaming di laptop. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam bermain game di laptop maka sebaiknya pilihlah laptop dengan kapasitas RAM minimal 2 GB dan minimal sudah DDR3. Bagi yang sudah kadung membeli laptop dengan RAM kecil, maka bisa melakukan upgrade agar RAM pada laptop menjadi lebih tinggi dibandingkan semula dan sudah mampu menjalankan game walaupun kapasitasnya besar sekalipun.

4. Hard Drive (Hardisk Storage)

Kebanyakan game baru ukurannya sangat besar, sehingga membutuhkan Hardisk yang besar pula. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah laptop yang memiliki hardisk cukup besar seperti 500 GB atau bahkan 1 TB. Akan tetapi, jika sudah memiliki laptop dengan Hard Drive kecil, maka bisa juga melakukan upgrade agar kapasitasnya lebih besar.

Itulah hal yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop untuk gaming. Selain keempat hal tersebut tentunya masih ada hal lain yang bisa diperhatikan seperti kualitas display atau layar, serta kenyamanan untuk digunakan. Mungkin pembaca Ekstra Komputer sudah bisa membayangkan laptop incarannya yang akan dibeli untuk gaming.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...