Komputer / Komputer / Software / Tips Memilih Antivirus Untuk Laptop Atau Komputer

Tips Memilih Antivirus Untuk Laptop Atau Komputer

Memilih antivirus untuk laptop atau komputer merupakan kebutuhan penting untuk menjaga agar terhindar dari serangan virus, malware dan semacamnya. Seperti yang diketahui, virus, malware, worm dan beberapa macam lainnya, merupakan penyakit bagi komputer. Apabila komputer sudah terinveksi penyakit tersebut, maka akan memberikan dampak yang tidak baik pada komputer, seperti kerusakan file, hilang, atau bahkan kerusakan aplikasi yang sengaja kita tanamkan pada komputer.

memilih antivirus

Oleh karena itu, Antivirus sangat penting untuk melindungi laptop atau komputer dari serangan gangguan tersebut. Akan tetapi, menggunakan beberapa antivirus ternyata bukan jaminan komputer anda aman. Tidak sedikit virus dan sekawanannya masuk kendati sudah dipasangi pengaman antivirus. Untuk itulah kita harus pintar dalam memilih antivirus untuk laptop atau komputer, seperti yang terdapat di bawah ini.

Tips memilih antivirus untuk laptop atau komputer yang baik:

1. Memiliki kemampuan deteksi yang baik
Pengguna laptop atau komputer harus lebih selektif dalam memilih antivirus. Tidak semua antivirus memiliki kemampuan untuk mengatasi virus atau malware lainnya. Salah satu untuk mengetahui kemampuan dari antivirus, bisa dilakukan dengan melihat lisensi lembaga pengujian dari antivirus tersebut. Pilihlah antivirus dengan lisensi yang ternama dan rekomended.

2. Ringan
Tips memilih antivirus untuk laptop atau komputer berikutnya adalah dengan cara memilih antivirus yang ringan. Sesuaikan kapasitas memori, hard disk serta prosesor dari laptop atau komputer kita. Jangan sekali-kali memasang antivirus yang berat sedangkan keadaan laptop kita tidak memadai, alhasil komputer akan lemot dan menjadi tidak nyaman.

3. Pilih sesuai dengan kebutuhan
Pilihlah antivirus yang sesuai dengan kebutuhan ada memiliki laptop. Apabila anda seorang pekerja online, maka pilihlah antivirus yang cocok dengan hal tersebut. Begitu juga bagi yang sering menggunakan laptop untuk browsing internet, download atau game.  Dengan begitu, maka penggunaan antivirus lebih sesuai kebutuhan.

4. Kemudahan Melakukan Update
Setipa waktu virus selalu bermunculan dengan model yang berbeda. Untuk itulah antivirus kerap melakukan update mulai dari versi yang satu menjadi versi berikutnya. Untuk itulah dalam memilih antivirus ebaiknya dicari yang mudah melakukan update.

Selain beberapa tips tersebut, tentunya terdapat pula beberapa cara lain yang digunakan seseorang untuk memilih antivirus untuk laptop atau komputernya.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...