Komputer / Komputer / Perawatan / Faktor Penyebab Hardisk Rusak Pada Komputer Atau laptop

Faktor Penyebab Hardisk Rusak Pada Komputer Atau laptop

Hardisk merupakan salah bagian yang sangat penting pada komputer atau laptop. Bertugas sebagai media penyimpanan data, Hardisk dibedakan menjadi dua yakni hardis internal dan hardisk ekstrenal. Hardisk internal merupakan hardisk yang memang menjadi bagian dan terdapat dalam komputer atau laptop tersebut. Sebagai salah satu perangkat keras komputer, hardisk juga bisa mengalami kerusakan.

hardisk rusak

Salah satu langkah untuk mencegah kerusakan pada hardisk adalah dengan mengetahui faktor penyebabnya. Dengan begitu setidaknya kerusakan yang memang disebabkan karena faktor manusia seperti benturan dan kelalaian lainnya bisa dicegah. Adapun beberapa faktor penyebab hardisk rusak pada komputer atau laptop diantaranya:

1. Over Heat
Over heat atau panas berlebihan merupakasan salah satu penyebab hardisk rusak.  Seperti yang diketahui, perubahan energy menyebabkan peralatan listrik ikt panas. Semakin lama pemakaian biasanya semakin panas pula alat tersebut. Untuk itulah salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan kipas angin tambahan pada khusus hardisk.

2. Benturan
Hardisk akan mengalami kerusakan apabila terjadi benturan. Benturan ini bisa berupa gesekan keras dengan benda lain, guncangan atau bisa juga diakibatkan karena terjatuh. Untuk itulah sebaiknya apabila memindahkan komputer maka haruslah lebih hati-hati. Begitu juga ketika membawa laptop dalam tas, karena bisa saja menyebabkan terjadi benturan yang tidak disadari.

3. Penggunaan berlebihan
Penyebab hardisk rusak pada komputer atau laptop juga bisa berupa penggunaan yang berlebihan. Bermain game, memutar video, mendengarkan music, bahkan online dalam waktu lama menyebabkan ekrja hardisk juga bertambah. Sehingga apabila hal ini terjadi dalam kurun waktu yang lama maka dapat menyebabkan hardisk akan mudah rusak.

4. Sering melakukan instalasi
Melakukan install dan unistal pada komputer atau laptop juga bisa menyebabkan usia hardisk menjadi lebih pendek. Biasanya hardisk akan mengalami bad sector yang nantinya berujung pada kerusakan.

5. Usia Hardisk
Faktor usia juga menjadi penyebab hardisk rusak pada komputer atau laptop. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan terhadap hardisk agar memiliki masa yang lebih panjang dan awet.

Itulah beberapa faktor penyebab hardisk rusak pada laptop atau komputer. Untuk itulah sebaiknya menghindari hal tersebut dengan lebih hati-hati dalam penggunaan serta yang tidak kalah penting adalah memberikan perawatan yang baik agar bisa lebih awet dan tahan lama.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...