Komputer / Komputer / Keamanan / Cara Pintar membersihkan Virus Shortcut

Cara Pintar membersihkan Virus Shortcut

Virus Shortcut merupakan salah satu penyakit computer yang mulai menyebar sejak tahun 2011. Kendati sudah bertahun-tahun penyakit ini menyebar, namun keberadaan virus yang satu ini sangat mengganggu. Bahkan tidak sedikit computer atau flaskdisk yang terinveksi virus menjengkelkan ini.

Cirri-ciri computer ataupun flaskdisk terserang Virus Shortcut ini adalah semua data yang ada dalam drive tersebut secara otomatis tercopi dalam bentuk shortcut. Sedangkan file aslinya terhiddden otomatis. Jadi, apabila flaskdisk ataupun hardisk diformat maka semua data yang terhidden juga hilang. Untuk itulah sebaiknya flaskdisk atau komputer yang terserang Virus Shortcut tidak di format, melainkan dibersihkan dengan cara alami.

Adapun cara membersihkan Virus Shortcut diantaranya:

1. Masuk ke Run
Bukalah RUN pada komputer anda, bisa dengan cara mengklik RUN pada start atau bisa menggunakan tombol keyboard windows+R. kedua tombol tersebut ditekan bersamaan, maka nantnya akan muncul RUN.

virus shortcut

2. Ketik cmd
Langkah berikutnya adalah dengan mengetik cmd di Run kemudian klik OK atau tekan enter pada keyboard. Biasanya akan muncul tampilan hitam windows administrator.

virus shortcut 1

3. masuk ke driver Flaskdisk atau driver yang kena virus
Caranya cukup mudah, setelah tampilan administrator Windows muncul, maka ketik E: (E+titik dua). Kemudian tekan enter.

virus shortcut 3

4. Kembalikan folder yang terkena Virus Shortcut
Langkah selanjutnya adalah dengan mengetik  attrib -s  -r  -h  /s  /d lalu enter.

virus shortcut 2

5. Hapus file Shortcut
Setelah melakukan pembersihan Virus Shortcut maka selannutnya adalah menghapus file Shortcut yang ada di file.

virus shortcut 5

Itulah beberapa langkah untuk membersihkan flashdisk atau harddisk dari Virus Shortcut. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan biasanya Virus Shortcut akan kembali muncul hal ini dikarenakan yang anda lakukan dari tadi hanya membersihkan virusnya saja, sedangkan pengontrol virus tersebut masih aktif. Oleh karena itu, langkah pengamanan yang harus dilakukan agar Virus Shortcut tidak kembali lagi adalah dengan menghapus autorn.inf.

Menghapus file autorn.inf merupakan langkah terakhir dalam membersihkan Virus Shortcut beserta mengamankannya agar salah satu virus menjengkelkan tersebut tidak kembali lagi.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi
x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...