Komputer / Komputer / Tutorial / Cara Memperbaiki Flashdisk Bermasalah Atau Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk Bermasalah Atau Rusak

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang paling praktis. Bentiknya yang mungil menjadikan benda ini mudah dibawa kemana saja. Tidak hanya itu, alat ini juga sering dijadikan media transfer data dari komputer yang satu dengan komputer lainnya. Oleh karena itu, bukan hal yang mustahil jika flashdisk saat ini bukan menjadi barang asing lagi khususnya bagi yang selalu erat dengan komputer.

Sebagai salah satu alat atau prangkat komputer, Flashdisk juga kerap mengalami masalah atau rusak. Salah satu kerusakan yang sering muncul adalah flashdisk tidak terdeteksi oleh komputer. Bahkan beberapa kejadian lain menemukan salah satu masalah dari flashdisk adalah terbaca 0 byte oleh windows. Sehingga file yang sudah tersimpan tidak terbaca bahkan tidak bisa dibuka. Untuk itulah dibutuhkan langkah pintar untuk memperbaiki flashdisk bermasalah tersebut.

Cara Memperbaiki Flashdisk Bermasalah Atau Rusak

Ada dua langkah untuk memperbaiki flashdisk bermasalah atau rusak, yaitu dengan menggunakan disk storage format tool dan software untuk memperbaiki flashdisk.

Memperbaiki Flashdisk bermasalah dengan USB Disk Storage Format Tool
Cara memperbaiki flashdisk bersalah yang pertama adalah dengan menggunakan USB Disk Storage Format Tool. Cara cara kerjanya hamper sama dengan software biasa. Jadi biasanya diharuskan untuk mendownload terlebih dahulu melalui internet. Namun, hingga saat ini tool yang tersedia adalah untuk flashdisk merk HP. Untuk merk lainnya bisa menggunakan cara yang kedua.

Memperbaiki Flashdisk bermasalah dengan Software
Hampir sama dengan cara pertama, namun software kali ini bersifat lebih umum. Jadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi kemudian diinstall pada komputer atau laptop. Adapun software yang bisa di download dan digunakan untuk memperbaiki flashdisk bermasalah diantaranya:

1. Super Stick Recovery Tool
2. Seatool For Windows
3. Low Level Format

Memperbaiki Flashdisk bermasalah dengan Reprogram ulang IC Controller
Cara ini merupakan langkah terakhir apabila perbaikan dengan software di atas menemui jalan buntu. Secara garis besar cara seperti ini lebih rumit dibandingkan dengan biasanya, karena harus membongkar casing dari flashdisk anda untuk mengetahui Type IC Control yang terdapat pada flashdisk. Setelah itu barulah lakukan searching software di Google sesuai dengan IC Control flashdisk anda. Setelah itu download dan install.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki flashdisk bermasalah atau rusak. Walaupun singkat, semoga bisa berguna dan membantu pada pecinta blogekstra mengatasi flashdisk yang bermasalah.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

One comment

  1. Thanks gan tips-tipsnya, selama ini saya cuma pake metode di CMD
    lumayan klo berhasil, jadi gk perlu beli FD yang baru :D

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...