Komputer / Komputer / Hardware / Cara Mengetahui Kerusakan Komputer

Cara Mengetahui Kerusakan Komputer

Penggunaan PC atau personal computer dewasa ini untuk berbagai keperluan semakin banyak ditemui. Tapi tidak semua orang yang memiliki komputer mengetahui ciri-ciri kerusakan yang dialami. Komponen PC yang rumit mungkin akan membuat pusing sebagian besar orang oleh karena itu cara mengetahui kerusakan komputer pun diperlukan untuk mendetaksi kasalahan operasi pada komputer anda.

mengecek kerusakan pada bagian komputer

Sebagian besar komponen penting sebuah komputer tersimpan didalam box casing yang berukuran cukup besar. Bagi orang awam tentu akan sulit mengetahui komponen mana yang mengalami kerusakan ketika sebuah komputer tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Namun ada beberapa cara untuk mengetahui kerusakan komputer dengan melihat tanda yang ditimbulkan oleh komputer tersebut.

1. Komputer tidak menyala pada saat dihidupkan

Komponen yang berfungsi untuk mengalirkan listrik pada komputer adalah power supply. Jika komputer tidak menyala ketika tombol power ditekan, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kerusakan pada power supply.

Untuk memeriksanya, pastikan semua soket yang terhubung dengan power supply sudah terpasang dengan benar dan rapat. Cek juga apakah power supply menyala ketika listrik dialirkan. Caranya dengan memeriksa kipas yang terdapat didalam power supply. Apabila kipas tidak berputar, ada kemungkinan power supply tersebut rusak.

2. Komputer mengeluarkan bunyi ketika dinyalakan

Memori yang terdapat pada soket motherboard dalam PC seringkali menjadi salah satu penyebab kerusakan komputer yang sering dialami. Biasanya memori yang rusak atau slot memori yang rusak menjadi satu dari banyak penyebab kerusakan memori.

Kerusakan memori biasanya diindikasikan dengan bunyi yang ditimbulkan pada saat komputer dinyalakan. Bunyi “bip” yang terdengar ketika komputer dinyalakan bisa diartikan sebagai kerusakan pada memori. Bunyi ini tergantung pada vendor pembuat motherboard yang dipakai. Bisa bunyi bip beraturan, bunyi bip dua kali secara berurutan, atau bunyi yang tidak beraturan sama sekali.

Untuk memastikannya, bisa menggunakan software untuk memeriksa kondisi momori yang banyak tersedia di internet. Atau jika komputer tidak menyala sama sekali disertai bunyi bip yang terus menerus, ada baiknya memeriksa fisik memori dan membersihkan soket tempat memori dari debu dan kotoran.

3. Blue screen pada layar monitor

Pernahkah ketika sedang asyik memainkan komputer, layar monitor anda tiba-tiba berubah menjadi biru disertai keterangan jika komputer sedang bermasalah? Masalah layar biru memnag sangat menganggu, dan ini bisa terjadi karena kerusakan pada memori.

Untuk memastikan memori tidak dalam keadaan rusak anda bisa menggunakan memori lain sebagai pengganti sementara. Jika stelah diganti komputer berjalan normal seperti biasanya, ada kemungkinan maaslahnya terletak pada memori.

 4. Komputer freeze atau hang ketika dinyalakan

Mungkin ada yang pernah mengalami hal seperti ini, dimana komputer tiba-tiba freeze dan tidak bisa berfungsi sama sekali. Tombol keyboard tidak berfungsi, dan pointer mouse pun tidak bergerak. Salah satu yang bisa menyebabkan hal ini adalah kesalahan pada processor dalam komputer.

Chip processor merupakan otak dari sebuah komputer, jadi kinerjanya bisa dibilang yang paling penting dari seluruh komponen yang ada dalam casing komputer. Dengan “tugas” yang berat, processor seringkali menjadi sangat panas ketika menjalankan banyak aplikasi. Bisa jadi hang yang dialami dikarenakan processor yang terlalu panas dan tidak mampu menjalankan aplikasi secara berlebihan.

5. Kinerja komputer yang terasa lambat

Untuk yang satu ini, terdapat banyak faktor kemungkinan yang bisa terjadi. Entah itu dari pengaruh memori, processor, atau bahkan harddisk pada komputer. Agar lebih yakin, sebaiknya periksa satu persatu kompnen yang terdapat dalam komputer untuk memastikan bagian mana yang mengalami kerusakan.

Memang terdapat banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan komputer. Namun dengan memiliki cara mengetahui kerusakan komputer setidaknya kita mempunyai gambaran tentang komputer secara umum dan tidak terlalu awam jika suatu saat komputer yang biasa dipakai mengalami masalah seperti diatas.

Penulis: ifanmartha

Foto Profil dari ifanmartha

2 comments

  1. Foto Profil dari mufid

    kalo komputer ane paling sering lelet kalo konek internet.
    apakah ini juga termasuk dari ssalah satu komponen ada yang tidak beres ya?

  2. saya bunyi ngggg……. apa itu rusak????????

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...