Komputer / Komputer / Tutorial / Tips Mudah Merawat Layar Sentuh Agar Tetap Sehat

Tips Mudah Merawat Layar Sentuh Agar Tetap Sehat

Teknologi layar sentuh saat ini sudah seperti  fitur wajib bagi berbagai perangkat elektronik. Tidak hanya diaplikasikan pada perangkat komputer saja, kini layar sentuh sudah diadopsi oleh berbagai perangkat. Tujuannya adalah untuk memudahkan komunikasi serta input data. Meskipun tampak lebih canggih dan eksklusif, penggunaan layar sentuh ternyata membutuhkan perawatan khusus. Hal ini disebabkan karena layar sentuh memiliki tingkat sensitifitas lebih tingi dibanding mode input lain seperti Keyboard. Apalagi layar sentuh memiliki intensitas yang cukup tinggi terhadap sentuhan, tekanan sehingga dapat memicu goresan pada layar.T eknologi yang cukup tingi juga sangat riskan rusak serta membutuhkan biaya yang cukup mahal jika ingin memperbaikinya. Oleh sebab itu, perhatikan dengan benar cara pemakaian dan perawatan terhadap layar sentuh.

Tips merawat layar sentuh

Ada beberapa cara untuk menjaga agar layar Anda terlindung dan tetap sehat. Berikut ini tips untuk merawat layar sentuh:

  1. Gunakan screenguard (pelindung layar) yang tipis, jangan gunakan pelindung layar yang terlalu tebal karena justru dapat mengurangi responsibilitas layar. Jika perangkat tablet atau komputer layar sentuh sudah dibekali dengan lapisan pelindung, Anda juga tidak perlu menambahkan screen guard.
  2. Saat tidak digunakan, tutup permukaan layar dengan tisu atau kain agar terlindung dari debu dan kotoran yang dapat memicu goresan. Jika perlu beli dan gunakan casing pelindung khusus untuk gadget Anda.
  3. Gunakan kain mikrofiber atau kain dengan serat yang lembut untuk membersihkan permukaan layar. Kain microfiber adalah jenis kain seperti  yang digunakan untuk membersihkan kaca mata dan lensa kamera. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan layar jangan gunakan air, Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menganti miokrofiber dengan tisu lembut.
  4. Saat ingin membersihkan layar ketika terdapat debu atau kotoran, lakukan dengan cara meniup (jangan langsung digosok). Pastikan benar-benar tidak ada debu, baru kemudian seka secara perlahan dengan arah  melingkar. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi baret pada layar.
  5. Jangan meletakkan gadget di sembarang tempat, terutama ketika memasukkan gadget ke dalam tas. Biasanya pemilik gadget lupa bahwa ada gadget di dalamnya sehingga asal meletakkan tas. Padahal layar sentuh sangat sensitif terhadap goncangan atau benturan. Salah salah, bisa terjadi dead piksel atau bahkan bisa retak

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk merawat layar sentuh perangkat elektronik Anda.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...