Komputer / Komputer / Keamanan / Tips Membuat Password Agar Tidak Mudah Ditebak dan Aman

Tips Membuat Password Agar Tidak Mudah Ditebak dan Aman

Password ibarat sebuah kunci untuk membuka pintu menuju semua harta dan inventaris milik kita. Lalu bagaimana jadinya jika password yang merupakan satu-satunya  hak akses dibajak oleh orang yang tidak bertangng jawab? Resiko akun kita diacak-acak atau bahkan digunakan untuk berbuat kriminal selalu ada. Maka merugilah kita jika password dicuri orang.

Analoginya “ kunci mobil kita dicuri, kemudian mobil digunakan untuk menabrak orang, atau merampok. Pasti kita sebagai pemilik resmi mobil ikut tersangkut masalah tersebut”. Nah untuk mengantisipasi password dicuri, maka sebaiknya kita membuat  password dengan tingkat keamanan tinggi. Lantas, bagaimana cara membuat password agar tidak mudah ditebak dan aman?

Membuat password agar tidak mudah ditebak dan aman

Membuat password agar tidak mudah ditebak dan aman

Berikut tips membuat password agar tidak mudah ditebak dan aman:

  • Buat sebuah password yang tidak berhubungan dengan identitas kita seperti nama Anda, nama orang orang terdekat kita, nama binatang kesayangan. Jangan sekali kali membuat password dengan kombinasi tanggal lahir Anda, sebab kombinasi tersebut sudah umum digunakan.
  • Buat password dengan panjang karakter 10 atau lebih. Tentu saja yang harus mudah dingat oleh Anda sendiri.
  • Padukan dengan simbol dan angka . misal aAa11!$#?ekstr4 meski terkesan alay, namun kombinasi password seperti ini akan sulit ditebak
  • Gunakan software password generator ntuk mndapatkan password secara acak. Kekurangannya adalah paword yang didapat akan sulit dihafalkan, bahkan oleh Anda sendiri
  • Hati-hati ketika kita sedang berinternet di tempat umum seperti perpustakaan atau tempat yang tersedia Wi-Fi gratis. Karena siapa tahu terdapat orang iseng yang melakukan  pencurian password dengan teknik network stuffing.
  • Perhatikan software yang terinstall pada komputer umum (jika Anda menggunakan komputer seccara bergantian seperti warnet) tak jarang komputer warnet terpasang software keyloger yang memungkinkan mengetahui jejak password yang digunakan oleh pengguna.
  • Untuk memasukkan password, sebaiknya gunakan teknik copy paste untuk meghindari pencurian melalui Keylogger.
  • Jangan lupa log out ketika Anda meninggalkan komputer Anda, hal ini untuk mencegah ada orang yang membajak akun serta mengganti passwordnya
  • Ganti password Anda secara rutin dan berkala.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat password agar tidak mudah ditebak dan aman. baca juga artikel lain cara mengatasi komputer hang

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...