Komputer / Komputer / Info / Tips Memilih Modem Yang Tepat Untuk Koneksi Lancar

Tips Memilih Modem Yang Tepat Untuk Koneksi Lancar

Saat banyak sekali jenis modem yang ditawarkan oleh produsen maupun provider seluler. Hal ini tentu saja mengingat kebutuhan internet di Indonesia yang semakin meningkat. Modem seolah menjadi barang penting yang harus dimiliki. Semakin banyak jenis serta harga yang variatif terkadang membuat kita kebingungan saat memilih modem yang tepat. Pemilihan modem yang tepat tentunya akan menunjang aktivitas Anda, sebab salah memilih modem bisa jadi akan menimbulkan masalahnya. Tak sedikit modem yang cepat panas ketika digunakan untuk mengakses internet tiba-tiba mengalami disconnect dan menyebabkan program mengalami crash.

memilih modem yang tepat

memilih modem yang tepat

Nah, untuk memilih modem yang tepat, berikut ini Blogekstra berikan tips dan cara mengatasi masalah pada modem.

Pilih Modem sesuai dengan jaringan yang ada.

Sebelum membeli modem, hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketersediaan jaringan di lokasi Anda. Jaringan seluler ini digunakan untuk menentukan dukungan modem apakah GSM atau CDMA. Operator CDMA memang menawarkan harga murah dengan paket bundling, namun jika Anda ingin membelinya, pastikan bahwa tempat tinggal Anda tercover oleh jaringan operator tersebut. Apalagi modem CDMA biasanya berupa paket bundling dengan locket RUIM sehingga tidak dapat diganti dengan operator lain. Hal ini berarti jaringan mengalami masalah dalam jangka waktu yang lama, nda tidak dapat berpindah ke provider lain, jika ingin ganti maka harus mereplace modem juga.

Pilih modem dengan kualitas terjamin

Memang agak susah jika kita belum pernah menggunakan secara langsung, namun Anda dapat membaca review modem di berbagai forum terlebih dahulu agar mendapat seedikit gambaran mengenai modem yang kita cari.  Harga yang mahal belum menjadi jaminan modem tersebut baik, dari review internet kita akan mengetahui tingkat kepuasan pengguna lain.

Gunakan kartu provider dengan sinyal paling kuat

Kekuatan sinyal akan menentukan kecepatan akses internet, sehingga sebaiknya gunakan kartu provider dengan dukungan yang kuat di tempat Anda. Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh beberapa operator namu di tempat Anda kekuatan sinyalnya menyedihkan, sebab sinyal yang lemah akan membuat kecepatan internet tidak maksimal, selain itu kinerja modem juga akan semakin berat dan semakin cepat panas yang berresiko lebih cepat rusak.

Itulah beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih modem yang tepat dan provider yang pas agar koneksi internet lancar jaya.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...