Komputer / Komputer / Perawatan / Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Mungkin Anda salah satu orang yang memiliki laptop yang cepat panas, kondisi laptop cepat panas memang tidak mengganggu aktivitas bekerja namun lambat laun dapat menyebabkan kerusakan hardware yang cukup serius. Oleh sebab itu jika laptop Anda cepat panas sebaiknya segera ditangani. Untuk mengatasinya, terlebih dahulu kita amati apa sebenarnya penyebab yang mengakibatkan perangkat laptop menjadi cepat panas agar treatment yang diberikan nanti tepat.

Cara mengatsi laptop cepat panas

Cara mengatsi laptop cepat panas

  • Penyebab utama laptop cepat panas ialah sistem sirkulasi udara laptop kurang bagus. Hal ini dapat disebabkan karena permukaan tempat diletakkannya laptop bertekstur empuk seperti kasur, sehingga dapat menutupi lubang sirkulasi yang terletak di permukaan bawah laptop.
  • Pemakaian laptop secara berlebihan. Berlebihan di sini maksudnya adalah lama pemakaian yang di atas rata-rata pemakaian wajar untuk ukuran laptop. Hal ini biasanya dalami oleh pemain game atau seorang internet marketer. Pemakaian laptop dalam jangka waktu lama akan membuat laptop menjadi panas.
  • Prosesor yang diOverclock. Overclock adalah upaya melakukan upgrade kemampuan prosesor. Sejatinya overclock memaksa kinerja prosesor untuk lebih maksimal sehingga laptop akan menjadi cepat panas karena prosesor dipaksa bekerja melebihi kapasitasnya.

Setelah kita mngetahui penyebab laptop cepat panas, cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan menghindari kondisi-kondisi di atas. Namun jika laptop masih saja cepat panas, maka Anda dapat mengambil tindakan dengan melakukan hal-hal di bawah ini :

  • Hindari meletakkan laptop di atas kasur saat digunakan. Jika memungkinkan gunakan laptop pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus.
  • Setting pencahayaan atau iluminasi pada level terendah. Hal ini akan memberikan efek positif terhadap laptop yaitu konsumsi daya baterai yang hemat, mata yang tidak cepat lelah, serta laptop tidak cepat panas.
  • Giunakan cooling pad, kipas laptop akan membantu sirkulasi udara pada laptoop menjadi maksimal dan membantu mendinginkan prosesor sehingga panas akan cepat hilang.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi laptop yang cepat panas.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...