Komputer / Tutorial / Tips Mengetahui Kecepatan Membaca dan Menulis Data Flashdisk

Tips Mengetahui Kecepatan Membaca dan Menulis Data Flashdisk

Pada saat kita membeli sebuah Flashdisk ataupun memori penyimpanan lain, sangat jarang sekali kita memperhatikan kecepatan membaca dan menulis data perangkat tersebut. Kita biasanya hanya terpaku pada besaran kapasitas ruang penyimpanan. Semakin besar kapasitas, dengan harga yang relative rumah akan membuat kita tertarik untuk membelinya. Padahal, kualitas sebuah flashdisk bukan hanya diukur dari besaran kapasitas, namun yang terpenting adalah kecepatan membaca serta menulis data dari dan ke perangkat lain seperti computer.

Mengapa harus memeperhatikan kecepatan membaca dan menulis data flashdisk?

Saat ini sebagian besar Flashdisk memang menawarkan kapasitas besar di atas 4 GB, bahkan ada juga flashdisk yang memiliki kapasitas 64 GB. Hal itu cukup wajar karena file data foto misalnya juga semakin besar. Namun, kapasitas yang besar tidak akan efektif jika tidak diimbangi dengan kecepatan membaca dan menulis data. Sebab dengan kecepatan yang lambat tentu akan membuang-buang waktu. Terlebih jika flash disk sudah terisi dengan berbagai file, tentu akan semakin mengurangi kecepatan tulis flashdisk.

Lalu bagaimana cara mengetahui kecepatan membaca dan menulis data flashdisk ?

Untuk mengetahui kecepatan membaca dan menulis sebuah flashdisk maka harus dilakukan pengujian dengan menggunakan software khusus. Oleh sebab itu ketika baru akan membeli flashdisk lakukan pengujian flashdisk serupa milik teman atau kalau ada flashdisk sampel. Namun jika sudah terlanjur membeli dan hanya ingin mengetahui seberapa cepat flashdisk dalam membaca dan menulis data, Anda bisa mencoba beberapa software yang bisa digunakan seperti “benchmark” salah satunya adalah USBDview. Berikut ini cara mengetahui kecepatan membaca dan menulis data flashdisk :

USBDeview

USBDeview merupakan software penguji kecepatan read & write flashdisk yang dikembangkan oleh Nirsoft .  Selain berfungsi untuk mengetahui kecepatan flashdisk, software ini juga dapat menghapus daftar history USB yang terpasang di computer sebelumnya sehingga mengurangi resiko error pada USB. Untuk menggunakannya cukup download USBDeview kemudian install dan buka software tersebut. Setelah muncul kotak dialog aplikasi, pilih USB mass storage (USB flashdisk yang ingin diuji) kemudian klik start test, maka seketika akan tersaji hasil test kecepatan flashdisk Anda.

Mengetahui kecepatan menulis dan membaca data flashdisk

Mengetahui kecepatan menulis dan membaca data flashdisk

Download USBDeview

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...