Komputer / Komputer / Tutorial / Cara Mengatasi Komputer Hang (Not responding)

Cara Mengatasi Komputer Hang (Not responding)

Saat baru diinstall dan digunakan  komputer akan berjalan lancar tanpa ada gangguan, namun seiring dengan semakin banyaknya aplikasi dan file tertumpuk di memori komputer membuat kinerja komputer semakin melambat. Bahkan kadang kala komputer kita mengalami masalah yang Not responding atau secara awam sering disebut hang. Sekali dua kali memang tidak terlalu menjadi masalah, namun jika terlalu sering terjadi maka akan menghambat pekerjaan kita.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan komputer menjadi hang, di antaranya adalah program program berat dijalankan sedangkan memori RAM komputer kurang mendukung., selain itu keyboard dan mouse yang bermasalah juga bisa memicu terjadinya hang. Usia hardware serta terdapat virus atau mallware juga turut menyumbang masalah yang memicu hang pada komputer.
Nah untuk mengatasi  komputer hang (Not Responding Application), berikut ini Blogekstra berikan tips singkat agar pekerjaan Anda tidak terganggu.

Cara Mengatasi komputer Hang

Cara Mengatasi komputer Hang

  1. Saat terjadi hang atau aplikasi tidak merespon perintah, segera tekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan . Task Command tersebut akan memunculkan jendela Task Manager. Pada tampilan Windows Task Manger, kita akan melihat deretan aplikasi yang sedang dijalankan. Lihat pada aplikasi yang Not Responding kemudian klik tombol End Task.
  2. Jika solusi pada langkah pertama gagal, atau Windows tetap tidak merespon perintah End Task, atau memakan waktu yang cukup lama lakukan restart komputer dengan memencet tombol restart pada casing komputer.
  3. Setelah proses restart dilakukan, windows akan berjalan lancar dengan aplikasi yang telah berjalan tadi tertutup. Cek aplikasi yang menyebabkan hang pada komputer melalui resolve program. Install ulang aplikasi tersebut, jika memang tidak terlalu penting Anda bisa lakukan Uninstall.
  4. Bersihkan komputer dari virus dengan cara menyecan semua file yang ada.
  5. Cek koneksi kabel Mouse, Keyboard, LCD, dan kabel SATA. Biasanya koneksi kabel yang terganggu dengan putus nyambung berpotensi menyebabkan hang/crash pada komputer.
  6. Jika komputer masih mengalami hang (not responding) lakukan instalasi ulang sistem operasi Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi  komputer hang. Selamat mencoba

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...