Komputer / Komputer / Tutorial / Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

Blue Screen merupakan kesalahan program pada Windows yang dapat menyebabkan komputer hanya menampilkan layar biru dengan keterangan kesalahan atau restart sendiri. Saat terjadi blue screen sama file dari aplikasi yang sedang kita jalankan akan hilang dan tidak tersimpan. Tentu sangat menganggu jika sedang menyelesaikan pekerjaan atau tugas sekolah, tiba-tiba komputer restart sendiri. Yang lebih menjengkelkan lagi, blue screen terjadi tidak hanya sekali, error tersebut akan terus berulang dalam beberapa menit sampai benar benar teratasi.

Mengatasi Blue Screen

Mengatasi Blue Screen

Lantas bagaimana cara mengatasi blue screen ?
Sebelum kita atasi permasalahan blues screen kita harus tahu dulu penyebab utamanya. Kita bisa melihat penyebab blue Screen dengan sebuah software bernama BleScreenView. Dari sana kita akan tahu software mana yang bermasalah dan menyebabkan BlueScreen. Berikut ini cara mengatasi Blue Screen pada umumnya :

System Restore
Lakukan sistem restore jika Blue Screen terjadi sekali. Dengan cara ini maka komputer akan kembali ke sistem awal sebelum terjadinya crash. Jika sistem restore berhasil maka Blue Screen disebabkan oleh kegagalan software.

Scan dan hapus malware
Malware juga berpotensi untuk menimbulkan Blue Screen. Apalagi jika malware mampu menembus ke level kernel windows sehingga menyebabkan sistem tidak stabil. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan scanning dengan menggunakan antivirus.

Install Update Driver
Driver yang gagal ketika diinstall atau tidak diupdate juga dapat menyebabkan Bluescreen. Sebaiknya periksa update terbaru dari driver yang ada kemudian lakukan uninstall driver dan install ulang dengan update terbaru.

Boot ke Safe Mode
Saat terjadi Blue Screen, maka komputer akan secara otomatis melakukan restart dan kembali ke mode BSOD. Pilih safe mode dan lakukan unistall driver yang membuat crash, saat boot melalui safe mode windows hanya akan menggunakan driver yang penting saja.

Cek Juga Hardware
Selainberkutat di masalah software, Blue Screen juga dapat terjadi karena hardware yang bermasalah. Untuk mengatasinya cek dengan mengetikkan Memory diagnostic tool.

Install Ulang Windows
Jika langkah langkah di atas tetap tidak mengatasi blue screen pilihan terakhir yang harus Anda coba adalah melakukan instalasi ulang windows.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...