Komputer / Komputer / Tutorial / Cara Memunculkan Menu Recent Document Di Windows 8

Cara Memunculkan Menu Recent Document Di Windows 8

Windows 8 merupakan versi terakhir system operasi besutan Microsoft. Dengan tampilan retro dan jauh berbeda memang membuat pengguna merasa kagok dengan menu menu yang ada di Windoews 8. Meskipun sudah diupdate ke versi 8.1 , Windows 8 yang sejatinya ditujukan untuk perangkat computer dengan layar sentuh masih membingungkan bagi pengguna baru terutama untuk bernavigasi. Selain hilangnya menu start, Windows 8 juga kehilangan menu Recent Dokument (menu yang biasa kita gunakan untuk melacak dokumen terakhir yang diakses). Dengan menu recent dokumen kita tak perlu lagi membuka path folder muali dari awal. Menu ini sangat bermanfaat ketika dokumen/file berada di path yang sangat jauh.

Memunculkan menu recent post di windows 8

Memunculkan menu recent post di windows 8

Sejatinya menu recent document ini sudah menghilang dari start menu sejak dimunculkan Windows 7. Namun dengan sedikit sentuhan pengaturan, kita dapat memunculkan menu Recent Document. Hampir serupa dengan Windows 7, pada Windows 8 juga harus disiasati dengan membuat pin task bar. Dengan cara tersebut, maka kita dapat memunculkan recent document di panel task bar, meskipun menu tersebut tidak ada pada menu start.

Lalu bagaimana cara memunculkan menu recent dokumen pada windows 8 ?

Berikut ini blogekstra berikan tutorial mudahnya untuk Anda.

Memunculkan menu recent document

Untuk memunculkan menu tersebut pada desktop atau start screen tekan tombol logo windows di keyboard bersamaan dengan huruf R +R, maka seketika akan muncul kotak perintah Run. Pada menu Run, ketikkan recent lalu klik OK .

run
Dalam sekejap akan muncul recent dokumen yang baru diakses.

run

  1. Sedangkan untuk memunculkan menu recent document pada layar desktop, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengkopi Menu Recent Place yang terdapat pada Windows Explorer. Caranya :
  2. Buka Windows Explorer
  3. Arahkan pada menu Recent Places kemudian klik kanan
  4. klik Sent to
  5. Arahkan dan klik Desktop (create shortcut)

Selesai, maka menu recent documen/recent place akan muncul di tampilan desktop windows 8 Anda. Mudah bukan ? dengan begitu, kini navigasi file atau folder akan lebih mudah dilakukan melalui menu recent post. Selamat mencoba.

 

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...