Komputer / Komputer / Perawatan / Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Terkena Bad Sector

Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Terkena Bad Sector

Had disk menjadi salah satu komponen komputer yang sangat vital keberadaannya. Jika hard disk mengalami masalah, tentu saja kinerja komputer akan terganggu, bahkan paling buruk adalah komputer tidak dapat digunakan. Gangguan atau masalah pada hard disk bermacam-macam jenisnya, namun kebanyakan masalah yang menyerang hard disk adalah bad sector. Bad Sector merupakan masalah di mana bagian dari hard disk tidak dapat digunakan karena rusak. Penyebab lain adalah sistem tidak diakses karena kegagalan OS.  Bad sector dibagi dalam dua jenis yaitu Soft bad Sector dan Hard bad Sector. Hard bad sector terjadi akibat adanya kerusakan pada fisik hard disk, biasanya karena goncangan/benturan yang membuat head crash. Head crash merupakan kondisi head yang bersentuhan dengan platter, head crash menyebabkan kerusakan permanen pada hard disk dan cara untuk mengatsinya dilakukan pengangkatan hard disk.

Sedangkan Soft bad sector merupakan kerusakan ringan pada hard disk yang masih dapat diperbaiki. Untuk memperbaiki hard disk yang terkena bad sector ringan kita dapat menggunakan softwae Chkdsk. Berikut ini cara memperbaiki hard disk yang terkena bad sector dengan menggunakan software Chkdsk :

  1. Buka Windows Explorer
  2. Arahkan kursors pada disk yang bermasalah kemudian klik kanan – properties
  3. Arahkan pada tab Tools , lihat menu Error checking kemudian klik Check now
Cara memperbaiki har disk yang terkena bad sector

Cara memperbaiki har disk yang terkena bad sector

  1. Cheklis kedua opsi lalu klik start
  2. Seketika komputer kan melakukan pengecekan, dan melakukan restart dengan sendirinya.
  3. Proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, karena komputer akan mengidentifikasi sector yang bermasalah kemudian memperbaikinya. Sebaiknya, lakukan langkah pengecekan ketika komputer sedang tidak digunakan untuk bekerja.

Itulah cara singkat memperbaiki hard disk yang terkena bad sector, untuk menghindari bad sector sebaiknya lakuakan perawatan berkala terhadap komputer, hindari dari benturan serta matikan komputer dengan prosedur yang benar. Penggunaan komputer dalam suhu tinggi juga mempengaruhi umur hard disk komputer, jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya tambahkan kipas di sekitar hard disk.

 

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...