Komputer / Komputer / Keamanan / Tips Melindungi Anak dari Bahaya Internet

Tips Melindungi Anak dari Bahaya Internet

Tips melindungi anak dari bahaya internet – Sediakan payung sebelum hujan. Istilah tersebut memang nyata adanya di dalam urusan apapun. Jika dikupas secara lebar, istilah seperti itu bisa juga diartikan lebih baik melindungi anak sebelum anak kita terjerumus ke hal-hal yang sifatnya negatif. Contohnya saja yang akan saya bahas di postingan kali ini yang mempunyai inti bahaya internet bagi anak-anak. Kenapa berbahaya ? Karena konten-konten yang ada di internet tidak semuanya bagus dan mendidik. Begitu juga sebaliknya, jika seseorang sudah paham betul tentang internet, tentunya internet akan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai tinggi.

Jika anda memiliki anak yang sudah menjamah dunia maya. Saya sarankan jangan pernah ragu untuk mendampinginya, lebih-lebih jika anda bisa mengarahkannya. Ketahuilah bahwa internet bisa menjadi momok terbesar bagi perkembangan anak. Kurangnya pengawasan dari pihak yang berwenang, membuat segala macam hal bisa diakses oleh siapun tanpa memandang umur, termasuk konten vulgar, dan juga kekerasan.

melindungi anak dari bahaya internet

Cara melindungi anak dari bahaya internet

Sebagai orang tua yang baik, tentunya anda tidak akan membiarkan anak anda terjerumus ke hal-hal yang seperti itu. Maka dalam kasus seperti ini, anda harus bergerak sendiri untuk melindungi anak anda dari bahayanya dunia maya. Bila anda merasa belum paham dan mengerti bagaimana melakukannya, silahkan simak lalu praktekkan Tips Melindungi Anak dari Bahaya Internet di bawah ini :

Menyaring web dengan DNS
Tips yang pertama ini memang sangat ampuh. Namun dengan memakai tips ini, anda akan menghabiskan beberapa dana per tahunnya untuk memfilter DNS yang digunakan oleh anak anda. Jika tips ini dirasa cocok bagi anda, silahkan kontak penyedia layanan internet terpercaya anda.

Menginstal Family Safety
Jika anda pengguna OS Microsoft Windows, ada baiknya untuk mencoba memakai aplikasi yang satu ini. Kerja dari Family Safety adalah mengontrol secara penuh sebuah komputer meski terdiri dari berbagai akun. Anda juga bisa memberikan filter dengan membatasi akses akun yang dipakai oleh anak anda. Namun anda harus mendownload terlebih dulu di sini. Jika sudah silahkan diinstal. Cara mengaktifkannya cukup mudah, anda tinggal masuk melalui tombol Start dan ketik Parental Control.

Lindungi perangkat Android
Sekarang orang tua terlalu mudah untuk memberikan gadget kepada anaknya meski masih belia. Tapi jika sudah terlanjur, saya harap anda segera memberikan pengamanan ke dalam sistem Android yang dipakai anak anda. Terutama pada Google Play, karena di sana memang tidak ada batasan aplikasi apa saja yang dapat diunduh. Seperti yang kita ketahui, di Google Play banyak aplikasi yang menyediakan konten porno. Untuk melindungi anak anda, silahkan masuk ke Google Play, pilih Setting > aktifkan fitur Content Filtering

Lindungi perangkat Windows Phone
Sama halnya dengan perangkat Android, Windows Phone juga bisa anda lindungi dengan mengaktifkan My Family. Untuk mengaturnya, bukalah My Family, aktifkan Parental Restriciton > masukkan Windows Live ID yang digunakan anak anda. Lalu atur konfigurasinya sesuai keinginan.

Awasi penggunaan jejaring sosial
Facebook, Twitter, Path, instagram adalah beberapa media sosial yang saai ini digandrungi oleh siapapun, tak terkecuali anak anda yan masih duduk di bangku SD atau SMP. Banyaknya kasus penculikan anak melalui Facebook seharusnya menjadikan anda lebih waspada dalam mengawasi anak bersosial media. Saya sarankan mintalah hak akses ke akun anak anda secara penuh. Dengan begitu, anda bisa memeriksa akun anak anda kapan saja sesuai keinginan anda.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Hai, Saya seorang penulis junior yang sedang ingin berkembang, kritik dan saran dari anda adalah pacuan saya untuk lebih baik.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...