Komputer / Komputer / Perawatan / Tips Merawat Modem

Tips Merawat Modem

Modem merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau laptop ke internet baik melalui line kabel, telepon atau penyedia jasa (ISP). Modem ini terdapat bebearap macam, namun kali ini BlogEkstra akan memberikan tips merawat modem yang biasa kalian pakai atau modem kecil yang mirip dengan flashdisk. Agar bertahan awet, modem ini membutuhkan perawatan.

tips merawat modem

Merawat modem memang gampang-gampang susah. Berikut ini tips merawat modem yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda.

Simpanlah Modem di Tempat yang Aman

Jangan biasakan modem Anda di dalam tas atau kantong yang bersamaan dengan benda-benda berat. Karena modem Anda bisa saja tertindih oleh benda berat tersebut. Lebih baik pisahkan saja untuk khusus tas modem. Selain itu, Anda jangan menyimpan modem dengan terkena sinar matahari langsung karena efek panas yang ditimbulkan akan mempercepat modem rusak.

Selalu Tutup Port Modem sesudah digunakan

Penutup modem pada bagian port usahakan jangan sampai hilang. Karena penutup port modem dapat menahan port usb dari debu, benda cair dan lainnya.

Gunakan Modem Seperlunya

Pada saat Anda menggunakan modem, hal yang harus diperhatikan adalah keperluannya. Pemakaian dengan melebihi kemampuan dari modem tersebut, akan menghasilkan modem cepat panas hingga akhirnya rusak. Biasanya hal ini terjadi pada Anda yang suka bermain Game Online dan terlalu betah hingga berlama-lama dan akhirnya lupa akan kondisi modem. Jika sudah selesai, segera nonaktifkan internet Anda kemudian cabut modem dari komputer.

Gunakan Modem untuk Pribadi

Disini tidak mengajarkan kita untuk pelit. Namun, agar mencegah modem Anda tidak cepat rusak. Dengan memakai modem secara bersama-sama atau internet Anda dibagi pakai secara sama-sama, modem Anda tidak akan awet. Jadi alangkah lebih baik adalah satu modem hanya untuk satu unit komputer.

Pasanglah modem pada port USB yang aman

Setiap perangkat komputer tentunya mempunyai rancangan yang berbeda-beda, khususnya pada penempatan colokan port usb. Pada saat memasang modem pastikan bahwa di daerah sekitar tersebut tidak ada aktivitas yang dapat menyentuh modem atau ada aktifitas yang dapat membuat modem rusak, seperti didekat speaker. Karena, efek magnet dari speaker dapat merusak modem dengan cepat.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...