Komputer / Komputer / Tips Membeli Komputer yang Tepat

Tips Membeli Komputer yang Tepat

Ketika Anda akan membeli sebuah komputer, ada baiknya Anda sudah mengetahui atau lebih tepatnya untuk keperluan apa Anda membeli komputer. Bisa saja Anda membeli komputer untuk kebutuhan kantor saja, bermain game, desain, browsing, dll. Jangan sampai Anda salah perhitungan dalam membeli komputer, karena biasanya Anda terpengaruh oleh kecanggihan komputer yang ditawarkan oleh penjual. Setelah membelinya, Anda bisa saja menyesal karena hanya dipakai untuk beberapa fitur saja dan beberapa fitur canggih yang tertera didalamnya tidak terpakai. Selain itu, fitur-fitur lain yang Anda butuhkan sebaliknya, malah tidak ada dalam perangkat tersebut.

tips membeli komputer

Untuk menghindari masalah tersebut, ada baiknya untuk Anda membaca tips membeli komputer yang tepat untuk Anda. Silahkan simak ulasan tips membeli komputer ini.

Sebelum mengulasnya, tips-tips yang akan saya bagikan adalah tips yang umum. Disini, saya tidak akan mengulas hal-hal teknis seperti merek dan spesifikasi. Jadi, disini Anda sendiri yang akan menentukan spesifikasinya. Saya hanya memberikan sedikit pengetahuan bagaimana langkah atau tips membeli komputer yang tepat bagi Anda.

1. Tentukan Dana Anda

Langkah pertama adalah tentukan dulu berapa dana yang hendak Anda sediakan untuk membeli komputer. Pada saat Anda pergi ke toko, tetaplah berpegang teguh pada jumlah yang telah disediakan sebelumnya. Diharapkan Anda tidak tergoda dengan komputer-komputer yang mungkin saja lebih mahal, karena didalamnya belum tentu apakah sesuai dengan fitur-fitur yang Anda ingingkan, kecuali memang Anda sudah pikirkan secara baik-baik atau Anda sudah mempunyai rencana lain sebelumnya.

2. Tentukan Spesifikasi Komputer

Yang harus Anda perhatikan sebelum membeli komputer adalah spesifikasi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Anda bisa bertanya kepada teman yang lebih mahir atau mencari sendiri di internet. Hal dasar yang perlu Anda ketahui adalah untu memperhatikan beberapa komponen seperti prosesor, RAM, Hard Drive, dan Video Card.

Beberapa tips dari komponen tersebut:

a. Prosesor:

Prosesor ini jika semakin tinggi dan otaknya, maka semakin baik kemampuannya. Seperti contohnya adalah Intel Core i5 lebih baik daripada Intel Core i3 dan Intel Core i7 lebih baik jika dibandingkan dengan Intel Core i5.

b. RAM:

Semakin besar kapasitas memori dan tinggi tingkat DDR (DDR1, DDR2, DDR3), maka kemampuannya semakin baik.

c. Hard drive:

Hard Drive ini jika semakin kapasitasnya besar, maka semakin baik. Anda bisa menyimpan data yang besar dan banyak pula jika mempunyai kapasitas hard drive yang besar.

d. Video Card:

Makin tinggi memori dan tingkat DDR, maka semakin baik pula. Ada baiknya jika Anda tanyakan terlebih dahulu mengenai versi piksel shader yang dimiliki Video Card tersebut. Makin tinggi versinya, makin baik juga kemampuannya.

3. Informasi Kelengkapan dan Fitur

Tips membeli komputer selanjutnya adalah tanyakan kepada penjual tentang kelengkapan dan fitur apa saja yang dimiliki. Jika Anda membeli paket komputer pikirkan fasilitas mana saja yang benar-benar Anda butuhkan. Contohnya, Monitor, mouse, keyboard, port/ konektivitas/ colokan (usb, bluetooth, memory card, vga, LAN, audi dll)

4. Software

Informasi mengenai software-software terbaru minimal harus diketahui. Anda tidak mau kan jika software yang terpasang pada perangkat masih versi lama.

5. Garansi

Sebelum membeli komputer, tada baiknya tanyakan garansi kepada penjual. Berapa lama mereka akan memberi garansi. Ini penting untuk Anda jika sewaktu-waktu komputer Anda mengalami masalah.

Tips diatas memang terlihat sederhana, jika Anda mempunyai tips membeli komputer yang berbeda atau pendapat lain, silahkan berbagi lewat komentar di bawah ini.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...