Komputer / Komputer / Info / Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Windows

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Windows

Sistem operasi Windows adalah salah satu jenis sistem operasi popular yang dikembangkan oleh Microsoft. Berbagai perkembangan yang dilakukan oleh Microsoft terus dilakukan hingga Sistem Operasi Windows ini terus menjadi berkembang dan paling banyak digunakan oleh penggunanya hingga saat ini.

sejarah perkembangan sistem operasi

Berikut ini adalah perkembangan atau lebih tepatnya adalah sejarah perkembangan sistem operasi Windows tersebut.

1. Sistem Operasi yang pertama kali diciptakan adalah berbasis modus teks dan CMD (Command-line) atau (MS-DOS). Dimana Microsoft merilis sistem operasi yang hanya berbasis tampilan gambar.

2. Sistem operasi yang pertama dirilis Microsoft pada tahun 1985 adalah Windows Graphic Environment 1.0 dengan berbasis tampilan gambar. Dimana Sistem operasi ini tidak dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Sistem operasi ini dikabarkan hanya pembaruan atau untuk meningkatkan kemampuan MS-DOS dan menggunakan teknologi sebesar 16-Bit.

3. Pengembangan selanjutnya adalah Windows versi 2.x yang dirilis pada tahun 1987. Dimana Sistem Operasi ini perkembangan dari sebelumnya yang dapat meminimize dan memaksimalkan tampilan dan untuk menjalankannya membutuhkan floppy disk.

4. Pengembangan selanjutnya adalah Windows versi 2.1x dengan menggunakan teknologi 16-bit. Dimana versi ini lebih popular dari versi sebelumnya karena didalamnya terdapat aplikasi pengolah data seperti Microsoft Word dan Excel untuk Windows. Berkembang dari sebelumnya, versi ini memerlukan harddsik untuk menjalankannya.

5. Selanjutnya adalah versi 3 yang merupakan versi dari awal mulanya kesuksekan dari sistem operasi Windows pada tahun 1990. Pada versi 3 ini Microsoft mengubah total tampilan untuk memudahkan bagi penggunanya.

6. Pada tahun 1992 Microsoft kembali mengembangkan versi menjadi versi 3.1. Dimana versi yang dirilis ini adalah memaksimalkan tampilan yang menarik dan tambahan multimedia untuk memutar video, File Manager, dan Program Manager yang mendukung 32 bit.

7. Sebelumnya Microsoft menggunakan kernel monolithic, untuk kali ini Microsoft menggunakan kernel hibrida untuk sistem operasi Windows NT.

8. Pada tahun 1995 microsoft kembali merilis sistem operasi yang menggunakan arsitek teknologi 32-bit yaitu Windows versi 95. Dimana versi ini dapat berjalan dengan sendirinya dalam modus 386 Enchanced yang menggunakan memori virtual dan model memori flat 32-bit. Fitur lain didalamnya adalah dapat menjalankan aplikasi Win32 untuk menjalankan RAM virtual sebanyak maksimal 2 GB dan 2GB sisanya untuk cadangan sistem operasi.

9. Pada tahun 1998 kembali merilis sistem operasi Windows versi 98. Versi ini merupakan versi stabil dari versi sebelumnya dengan tambahan sistem berkas FAT32, USB dan internet Connection Sharing.

10. Selanjutnya adalah Windows 2000 yang dirilis tahun 2000. Versi ini lebih dikenal dengan Windows NT 5.0 atau “NT 5.0”. Versi ini lebih ditujukan untuk bisnis, karena fitur utama yang dimiliki adalah untuk berorientasi pada industry seperti Active Directory, DNS, LDAP, dan Kerberos untuk menghubungkan antar mesin.

11. Windows Millennium Edition (Windows ME) merupakan sistem operasi yang dirilis pada september 2000. Dimana versi ini dapat mendukung aplikasi multimedia dan internet yang lebih baik. Tambahan fitur “sistem Restore” yang dimana pengguna dapat mengembalikan computer keadaan semula.

12. Pada tahun 2001 microsoft merilis Sistem operasi Windows XP. Versi ini menggunakan kernel Windows NT5.1 yang memiliki kestabilan yang bagus dan menggantikn Windows berbasis 16-bit.

13. Pada tahun yang sama 2001, Microsoft kembali merilis windows vista yang dibuat untuk membuat pertahanan lebih tangguh.

14. Perkembangan selanjutnya adalah Microsoft merilis Windows 7 pada tahun 2009. Versi ini memiliki kernel NT 6.1 yang dibuat dua versi untuk 32-bit dan 64-bit yang didesain dengan mempunyai beberpa fitur baru didalamnya untuk meningkatkan performa dari Windows Vista.

15. Terakhir adalah Microsoft merilis sistem operasi windows 8 pada tahun 2012. Perbedaan total dari sebelumnya yang menjadi salah satu perhatian dunia. Menggunakan User Interface dan tampilan yang disebut Metro yang dapat memudahkan bagi para penggunanya. Sistem operasi ini memiliki versi yang berbeda untuk Windows 8, diantaraya untuk PC, Windows 8 RT untuk Tablet, dan Windows Phone 8 untuk smartphone.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...