Komputer / Lain-lain / Mengenal Tipe-Tipe Hacker

Mengenal Tipe-Tipe Hacker

Mungkin dantara kalian pernah mendengar tentang “hacker”. Ya, hacker merupakan seseorang dengan memiliki teknis yang cerdas untuk mengoperasikan sebuah komputer dan masuk ke dalam sistem komputer dengan suatu niatan yang positif atau negatif. Diantara hacker ini mungkin memanipulasi sebuah komputer dengan niat baik dan bertujuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat. Selain itu, hacker juga bisa dijadikan kegiatan jahat seperti pencurian dan hal-hal lain yang dapat merugikan orang lain.

Tipe tipe hacker

Copyright image : pixabay

Secara historis, seorang hacker dari tahun 1980-an kebanyakan digunakan untuk hal negatif dan telah banyak mengambil alih suatu komputer dan jaringan. Seperti kita ketahui, bahwa hukum pidana masih berlaku untuk beberapa hacker sampai pada saat ini. Tetapi, istilah hacker juga telah diperluas untuk mencakup pengguna komputer non-kriminal atau untuk tujuan positif. Terdapat tiga tipe hacker yang diketahui saat ini, yaitu “black hat”, “white hat”, dan “grey hat”.

3 Tipe-Tipe Hacker

Black Hat: Hacker Kriminal. Secara umum pekerjaan mereka adalah penetrasi
White Hat: Hacker non-kriminal. Secara umum pekerjaan mereka adalah spesialis keamanan jaringan
Grey Hat: Perpaduan dari kedua tipe hacker diatas

1. Hacker Black Hat = Hacker Kriminal
Definisi dari hacker ini adalah seorang pengguna komputer yang dengan sengaja berusaha untuk melakukan vandalisme atau melakukan pencurian pada jaringan orang lain. Hacker seperti ini dikenal dengan Black Hat karena melakukan tindakan berbahaya pada orang lain. Black hat ini mempunyai bakat menggunakan komputer, namun tindakan yang dilakukan dapat merugikan orang lain dan menjadi kepuasan pribadi.

Hacker Black Hat biasanya melakukan kegiatan seperti:
– Serangan DOS/DDOS yang dapat membebani server internet
– Mengambil alih sebuah website dan membajak website tersebut dengan mangganti halaman muka dengan sebuah slogan-slogan khas mereka
– Melakukan pencurian identitas dengan mencuri informasi pribadi dari setiap individu.
– Botnetting atau mengambil control dari puluhan komputer pribadi dengan sebuah program untuk kegiatan spam.

2. Hacker White Hat = Spesialis Kemanan Jaringan
Berbbeda dengan Black hat, hacker white hat memiliki kegiatan berbalik dengan mereka. Mereka memanfaatkan bakat mereka untuk keamanan dan melindungi jaringan komputer. Biasanya mereka bekerja pada sebuah perusahaan untuk melindungi jaringan. dan tipe hacker seperti ini tidak ada kegiatan untuk menghancurkan atau kegiatan mencuri.

Hacker white hat atau hacker akademik biasanya bisa disebut juga seniman kreatif komputer. Karena selain tertarik dalam melindungi sistem, biasanya mereka menciptakan sebuah program pintar dan interface yang unik. Tipe ini biasanya akan mengambil sebuah source kode yang ada dan memperbaiki atau menambahkan sesuatu pada kode tersebut. Hacker akademik ini secara umum tidak berbahaya dan tidak berusaha untuk merugikan orang lain.

3. Hacker Grey Hat = Hacker yang tidak ada tujuan yang pasti
Grey hat merupakan seorang pengguna komputer dengan keterampilan teknologi dasar atau menengah yang suka membongkar dan memodifikasi komputer mereka sendiri untuk hobi, kesenangan, dan berkecimpung juga dalam kejahatan kecil seperti perangkat lunak atau file sharing. Seperti kita ketahui, jutaan orang di seluruh dunia senang mengunduh di internet. Dalam sebuah unduhan atau file yang telah di download biasanya mereka memasukkan sebuah kode untuk kebutuhan tertentu.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...