Komputer / Jaringan / Mengenal Apa Itu IP Address

Mengenal Apa Itu IP Address

Apa itu IP Address?

Hallo sobat belovers, Meskipun Anda jarang atau tidak berkecimpung dalam teknologi hi-fi atau jaringan, tetapi setidaknya Anda pernah mendengar istilah “IP Address” atau “Alamat IP”. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu IP Address dan bagaimana cara kerja IP Address ini, mari kita simak gagasan tentang konsep ini.

apa itu ip address

Sebuah IP Adress merupakan suatu teknologi yang tergolong canggih dalam dunia computer saat ini yang secara khusus dirancang untuk membiarkan satu computer (atau perangkat digital) untuk berkolaborasi dan berkomunikasi dengan semua computer di internet publik.  IP Adress ini sangat unik bahkan memungkinkan untuk mengidentifikasi hampir di setiap lokasi sampai bermiliar-miliar perangkat digital. IP Address ini dibuat dengan cara sederhana namun tidak akan mempunyai alamat IP yang sama.

IP atau Internet Protocol terdiri dari beberapa perangkat yang mengatur semua aktivitas internet. Dengan kata sederhana IP menangani semua komunikasi online hanya dengan mengidentifikasi semua perangkat yang dimulai dengan berbagai tujuan yang semuanya terletak di internet. Yang dimana, cara ini akan membuat komunikasi secara dua arah.

Sebuah IP Address terdiri dari empat angka, masing-masing nomor tersebut terdiri dari 1 sampai 3 angka, empat nomor tersebut akan dipisahkan oleh titik. Rute angka tersebut berkisar antara 0-255. Sebagai contoh sebuah IP Adress ini terlihat seperti ini “21.125.0.255”. IP Address ini benar-benar membantu kita untuk mengirim serta mengambil data di internet dengan komputer lain. IP Address ini untuk memastikan bahwa pengiriman dari pesan ke tujuan yang benar. Maka, untuk berkomunikasi dengan komputer lain haruslah mempunyai IP Address yang unik.

Apa itu IP Address Static

Alamat IP Address dapat berupa static atau IP Address yang tidak akan berubah. IP Adress static adalah alamat permanen. Dimana IP address static ini memberikan cara yang sangat sederhana dan handal, sehingga setiap komputer yang di remote dapat dengan mudah untuk dihubungi. Lalu bagaimana cara mengetahui alamat IP Anda sendiri? Anda bisa mencarinya dengan IP Lookup yang banyak disediakan oleh banyak situs.

Apa itu IP Address Dynamic

Setelah tadi Anda mengetahui IP Adress Static, sekarang mari kita telusuri apa itu IP Addres Dynamic. IP Address ini merupakan IP Address sementara yang biasanya bekerja pada setiap kali perangkat digitial atau komputer Anda terhubung ke Internet. Karena terbatasnya ketersediaan IP Adress Static, sehingga banyak Internet Service Provider (ISP) menyisihkan sebagian dari IP Address mereka untuk berbagi tujuan antar perangkat digital yang terhubung ke internet.

IP Address Dynamic dapat menghemat biaya. Biasanya ini digunakan oleh ISP, yang mana IP Address ini diberikan oleh ISP yang akan terus berubah setiap pengguna melakukan koneksi internet. Sebagai IP Address Dynamic dapat menimbulkan resiko dengan keamanan yang kurang. IP Address ini menggunakan protokol DHCP dan ISP dengan IP Address ke beberapa pengguna. IP Address Dynamic ini akan lebih cocok untuk pemilik usaha kecil dan penggunaan pribadi.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...