Komputer / Komputer / Manfaat Cloud Computing untuk Bisnis

Manfaat Cloud Computing untuk Bisnis

Halo sobat belovers, kembali Blogekstra akan berbagi sedikit pengetahuan-pengetahuan baru yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. Setelah sebelumnya kita membahas apa itu cloud computing dan manfaat cloud computing untuk pengguna individu, kali ini kita akan coba membahas manfaat cloud computing untuk bisnis. So, mari kita mulai.

Manfaat Cloud Computing

Manfaat Cloud Computing

1. Biaya yang lebih rendah

Alih-alih membeli perangkat lunak untuk setiap komputer yang membutuhkan akses ke program, untuk kalangan bisnis ada baiknya berlangganan atau menggunakan Software as a Service (Saas) sebagai solusinya. Selain itu, untuk bisnis biasanya mereka menyewa perangkat lunak dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan dan mengelola perangkat lunak tersebut, yang memungkinkan beberapa karyawan memiliki akses penuh tanpa perlu membeli beberapa lisensi.

2. Pengelolaan Mudah

Sebuah Perusahaan Departemen IT tidak perlu khawatir untuk masalah memperbarui perangkat lunak komputer pada setiap karyawan. Karena perangkat lunak ini dikelola dan di administrasikan jarak jauh. TI profesional biasanya hanya perlu memperbarui perangkat lunak pada satu server. Setelah ini dilakukan, setiap pengguna yang mengakses program ini sudah otomatis akan menggunakan versi terbaru.

3. Remote Backup

Karena server cloud computing berada disuatu tempat, ini dapat melindungi data-data perusahaan dari rusaknya perangkat komputer lokal. Selain itu, ini juga dapat melindungi data dari kemungkinanya perusahaan mengalami kebakaran, banjir atau bencana alam lain. Backup data melalui cloud computing akan aman karena data disimpan pada server gedung lain atau suatu tempat lain. Jadi, cloud computing benar-benar bermanfaat bagi perusahaan Anda.

4. Remote Access

Karyawan yang sedang bepergian kemanapun mungkin untuk masalah pekerjaan dapat memiliki akses data dimana saja. Diberikan kemudahan dan dapat mengelola data kapan saja, asalkan terhubung ke internet. Tentunya hal ini bisa menginkatkan efektivitas pekerjaan dan komunikasi antar anggota tim virtual.

5. Skalabilitas Tak Terbatas

Sebagai pertumbuhan perusahaan, solusi cloud computing bisa mengatasi skala peningkatan kebutuhan. Sebagai contoh, solusi penyimpanan cloud computing bisa menetapkan jumlah penyimpanan data. Jika perusahaan membutuhkan lebih banyak, maka langkah yang harus dilakukan adalah upgrade. Dan baiknya adalah perusahaan tidak perlu membayar lebih dari yang dibutuhkan dan akan mengurangi biaya infrastruktur.

6. Remote monitoring

Jika semuanya disimpan dan dilakukan di Cloud, manajemen memiliki kemudahan akses ke monitor dan kemajuan anggota tim untuk berbagai proyek.

7. Menghemat Penyimpanan

Server dan komputer akan mengambil lebih banyak untuk ruang penyimpanan. Manfaat Cloud computing untuk bisnis ini akan membantu memindahkan peralatan dan infrastruktur terutama jika kantor perusahaan terlalu kecil.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...