Komputer / Komputer / Info / Macam-Macam Tipe Prosesor Intel

Macam-Macam Tipe Prosesor Intel

Intel merupakan satu perusahaan yang menyediakan mikroprosesor paling terkenal di seluruh dunia. Perusahaan ini didirikan oleh Gordoon Moore dan Robert Norce yang sudah lama dan terus merilis macam-macam prosesor Intel. untuk kali ini, Blogekstra akan coba mengulas macam-macam tipe prosesor intel tersebut.

Tipe Prosesor Intel

Tipe Prosesor Intel Generasi Pertama

Awal kali, Intel telah membuat prosesor untuk mesin kalkulator Busicom. Prosesor pertama kali dibuat pada tahun 1971 adalah Miroprosesor 4004. Setelah itu, pada tahun berikutnya, Intel kembali melahirkan prosesor baru yang mempunyai kecepatan dua kali lipat, yaitu Miroprosesor 8008. Tidak sampai disitu, pada tahun 1974 Intel membuat seri 8080 Mikroprosesor dan Mikroprosesor 8086-8088 pada tahun 1978. Dimana seri 8086-8088 ini merupakan kebangkitan wal prosesor Intel yang sudah mulai banyak dipasang pada komputer besutan IBM.

Tipe Prosesor Intel Generasi 32-Bit

Untuk selanjutnya, kembali Intel menciptakan prosesor dengan tipe mikroprosesor 4-bit, 8-bit dan 16-bit. Menjelang tahun 80-an ketiga prosesor ini memiliki varian. Namun, tehitung pada generasi ini, ternyata Intel juga telah membuat prosesor yakni 32-Bit. Intel 286 atau 80286 ini merupakan prosesor 32-bit pertama yang memakai teknologi ini. Dimana, prosesor ini mampu membaca dan menggunakan software.

Setelah itu, kembali Intel membuat seri 386 yang dirilis pada tahun 1985. tipe prosesor tersebut memiliki 275 ribu transistor dan memiliki kemampuan lebih baik dari sebelumnya. Pada tahun ini, Intel membuat banyak varian untuk 32-Bit dan yang terbaik adalah tipe prosesor Intel 486 DXCPU yang telah mendukung untuk penggunaan aplikasi atau program.

Tipe Prosesor Intel Generasi Pentium

Setelah mengeluarkan banyak varian, pada tahun 90-an Intel mulai dikenal sampai di seluruh dunia. Pada era ini, Intel memperkenalkan prosesor dengan nama Pentium. masih dengan 32-bit, namun perkembangan terus dilakukan hingga komputer dapat mengenal tugas seperti foto, suara, dan tulisan. Pada tahun 1995, Intel membuat varian yang ditujukan khusus untuk komputer server dengan nama Intel Pentium Pro Prosesor.

Setelah pengembangan terus dilakukan, hingga Intel membuat seri pentium seperti Pentium II dan Pentium III yang diberi nama Xeon untuk komputer server. Selain untuk komputer server, Intel telah membuat varian seperti Intel Celeron yang memberikan harga murah, namun dengan memangkas beberapa fitur.

Memasukki era millenium, Intel merilis Pentium 4. Dimana Pentium 4 ini paling banyak variasi jika dibandingkan dengan sebelumnya. Pada saat ini pula, Intel telah menghadirkan Seri Itanium, yang dimana tipe prosesor ini berbasis 64-Bit.

Tipe Prosesor Intel Generasi Multi Core

Pada tahun 2005 merupakan generasi terakhir dari Pentium 4. Karena pada saat itu Intel menciptakan prosesor Xtreme Edition yang memiliki kecepatan 3,76 Ghz dan nama Pentium masih digunakan untuk dimasa mendatang. Pada saat Amda menciptakan teknologi Dual Core, intel menciptakan Hyper Threading yang membuat satu inti bisa memiliki kemampuan layaknya dua inti prosesor hingga Intel sendiri terus berbenah dengan melahirkan teknologi prosesor Dual Core yang didukung dengan teknologi Hyper Threading. Dimana pada generasi ini dikenal dengan nama Core 2 Duo dan Core 2 Quad di tahun 2005-2009.

Tipe Prosesor Intel Generasi Core-I

Setelah terus mengembangkan pada prosesor-prosesornya, Intel telah memasuki era baru. Dimana pada tahap ini Intel secara fokus untuk lebih mengoptimalkan prosesornya. Oleh karena itu, Intel telah membangun pabrikasi khusus 45 nm yang diberi nama “Nehalem” dan 32 nm “Sandy Bridge”. Pada era ini lah kemudian dikenal dengan tipe prosesor Core-i3, Core-15, dan Core-17. Tipe prosesor Intel ini semakin maksimal dengan kinerja yang dihasilkan, karena telah didukung dengan teknologi grafis Intel HD Graphics.

Pada tahun 2011, kembali Intel merilis Ivy Bridge. Seri ini adalah pabrikasi 22nm dan telah berlanjut dengan beberapa nama seperti Hasswell dan Broadwell yang tidak berfokus pada desktop, melainkan dengan mobile juga.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...