Komputer / Komputer / Keamanan / Jenis-Jenis Malware

Jenis-Jenis Malware

Malware atau Malicious Software merupakan program lunak yang tersimpan dalam berbagai aplikasi dan dikembangkan dengan niat yang berbahaya. Metode yang digunakan malware adalah melalui cara yang licik. Berikut adalah dari jenis jenis malware tersebut:

Jenis Jenis Malware

Virus

Virus mengandung kode berbahaya yang menempel pada sebuah aplikasi. Bila aplikasi yang terkena virus dijalankan, virus ini akan mencoba menyebar ke komputer lain. Virus biasanya tidak akan menyebabkan kerusakan langsung karena butuh waktu untuk menginfeksi komputer lain yang akhirnya virus akan mengirimkan kode berbahaya. Virus dapat dikirim dengan berbagai cara, salah satunya adalah email. karena email merupakan metode paling umum untuk digunakan. Misalnya spammer akan mengirimkan virus sebagai lampiran dan akan menarik penggunanya untuk mendownload dan membuka lampiran tersebut.

Selain lewat email, biasanya virus dapat masuk melalui USB atau Flash Disk. Kebanyakan sistem operasi memiliki Autorun otomatis yang memungkinkan USB Flash disk untuk mengeksekusi virus dengan segera setelah perangkat tersebut terhubung ke perangkat.

Trojan Horse

Trojan Horse biasanya menyamar sebagai aplikasi. Sebagai contoh, sebuah Trojan Horse mungkin nampak seperti permainan atau screensaver. Seorang pengguna bisa saja tertipu dan akan mendownload aplikasi tersebut dan Trojan Hore akan menginfeksi perangkat dengan sekali menjalankan program.

Worms

Tidak seperti virus dan Trojan Horse, Worms tidak perlu dijalankan. Biasanya Worms berada di dalam memori dan dapat menjalankan aktivitas di seluruh jaringan tanpa tergantung pada aplikasi komputer yang terinfeksi atau interaksi dari komputer itu sendiri. Worms memperbanyak diri dengan cepat dan terus mempengaruhi bandwidth.

Spyware

Jenis-jenis malware lainnya adalah Spyware. Spyware biasanya pengguna pada menginstall sebuah aplikasi pada perangkat secara tidak sadar atau persetujuan penggunanya. Spyware mencoba untuk mengumpulkan informasi pengguna dan mengirimkannya kepada pihak ketiga. Anda dapat melihat apakah komputer Anda terinfeksi dengan Spyware jika HOmePage atau halaman awal pada saat membuka internet Anda berubah, web browser Anda mengarahkan pencarian kepada sebuah web tertentu, atau jika perangkat lunak bertambah pada perangkat Anda. Bentuk lain dari Spyware adalah Adware. Adware ini meluncurkan jendela pop-up untuk menampilkan iklan yang tidak diinginkan.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...