Komputer / Komputer / Jaringan / Apa itu Cloud Computing?

Apa itu Cloud Computing?

Cloud Computing” adalah satu kata yang mungkin sering didengar, tetapi apakah Anda cukup mengetahui secara jelas apa itu Cloud Computing, keuntungan atau fitur apa saja yang digunakan pada Cloud Computing ini selain non-Cloud Computing. Clud Computing (komputer awan) dalam arti luas adalah segala macam komutasi yang melibatkan penyimpanan, akses, manajemen atau pengolahan data melalui internet. Istilah ini berasal dari penggunaan cloud untuk internet yang berada pada diagram alur dan presentasi bisnis. Cloud ini kemudian akan terhubung secara bersamaan ke semua komputer yang berbeda yang membutuhkan akses data.

Apa itu Cloud Computing

Sebagai perbandingan, Desktop atau PC Anda adalah komputer yang tertutup, artinya tidak semua orang dapat kengakses komputer Anda. Didalam sini berisi semua komponen inti yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai tugas, seperti CPU dan Hard Drive. Dengan jenis konfigurasi, semua perangkat lunak yang diinstal dan berjalan secara lokal. Semua ini disebut penyimpanan lokal dan komputasi lokal. Perangkat lunak komputer tradisional yang berada pada model ini contohnya seperti Microsoft Office dan Windows Media Player.

Berbeda dengan Cloud Computing, komputasi awan ini memungkinkan komputer atau perangkat lain yang terhubung untuk memasuki sebuah jaringan server remote (“Cloud”) host di tempat lain untuk melakukan berbagai tugas komputasi. Hal ini dapat mencakup penyimpanan data Anda pada Network Attached Storage (NAS). Biasanya, secara umum yang paling digunakan saat ini adalah Internet Cloud Computing meskipun sebagian perusahaan juga dapat memanfaatkan teknologi intranet untuk tujuan yang sama.

Contoh Cloud Computing

Mengingat definisi yang luas mengenai apa itu Cloud Computing. Maka, Satu dari contoh Cloud Computing yang bersifat layanan gratis dan penggunaan biaya perbulan tergantung pemilihan dari pengguna itu sendiri.

Layanan Email Berbasis Web

Salah satu bentuk yang paling umum dari Cloud Computing adalah layanan email berbasis web. Secara tradisional, email akan ditangani oleh software seperti Mozilla Thunderbird atau Microsoft Outlook. Perangkat lunak ini dipasang langsung pada hard drive komputer Anda dan semua pesan akan kemudian didownload langsung ke dalam hard drive Anda. Layanan email berbasis web, seperti Gmail dan Outlook.com memungkinkan antarmuka berbasis browser sebagai gantinya. Penyimpanan aktual dan pengelolaan pesan email Anda akan ditangai pada server seperti Yahoo, Google dan Microsoft.

Cloud Computing memberikan manfaat besar baik untuk individu dan usaha kecil yang menginginkan aksesibilitas yang lebih baik. Cloud Computing memiliki fitur yang lebih canggih dan mengurangi biaya teknologi Informasi. Namun, pengguna juga diharapkan untuk berhati-hati, karena hal ini seimbang dengan resiko kemananan dan masalah lainnya. Cloud memang bukan solusi baik, tapi masih bisa dipertimbangkan.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...