Komputer / Komputer / Keamanan / 10 Kesalahan Dalam Menentukan Password

10 Kesalahan Dalam Menentukan Password

Dewasa ini perkembangan teknologi memang semakin canggih. Namun, tak jarang jika seorang pengguna masih saja banyak yang memasang password ala kadarnya. Dimana password tersebut dapat dengan mudah diretas oleh seorang yang tidak tanggung jawab.

kesalahan pengguna memasang password

Berikut ini adalah daftar umum 10 kesalahan dalam menentukan password yang biasa dilakukan mungkin termasuk Anda sobat Blogekstra:

Daftar Kesalahan:

  1. Memakai perpaduan password yang menggunakan nama sendiri, missal hanya memakai nama lengkap atau memakai nama depan serta nama belakang saja.
  2. Memasang password hanya dengan memakai tanggal lahir.
  3. Kesalahan lain adalah memasang password dengan memakai nama kota kelahiran.
  4. Memasang password dengan memakai nama orang-orang yang kita kenal, missal anggota keluarga, pacar, atau nama orang yang kita kagumi.
  5. Memasang password dengan memuat identitas siri seperti no. rumah, RT/RW, nomor hape dll.
  6. Memasang password dengan memakai angka yang berurutan atau huruf yang berurutan atau membuat password yang berutuan di hp atau keyboard seperti “QWERTY”, “123456” dan “ABCDE”.
  7. Biasanya orang membuat password model ini dengan maksud menghindari dari membuat password menggunakan karakter keyboard yang biasa (seperti pada nomor 6), tetapi ternyata password model ini pun mudah ditebak juga.Coba Anda perhatikan tuts keyboard untuk karakter-karakter tersebut, terlihat berdekatan pada layout keyboard.
  8. Kebanyakan orang hanya memakai password seperti ini adalah untuk menghindari dari peretasan dengan berfikir orang tidak akan menyadarinya. Padahal, password dengan menggunakan huruf  berurut pada keyboard tetap saja bisa dengan mudah untuk diretas.
  9. Selanjutnya adalah pengguna memasang password yang sagat pendek dengan perpaduan beberapa angka dan huruf hanya empat karakter. Padahal dianjurkan untuk memasang password adalah 8 karakter dengan memakai perpaduan huruf, angka, dan symbol.
  10. Kebanyakan pengguna tidak pernah mengganti password untuk beberapa lama, hal ini memang jadi kurang perhatian, mungkin karena factor lengah dan juga malas.

Sebetulnya masih banyak lagi kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan pengguna untuk memasang password. Tips yang baik adalah secara berkala untuk mengganti password dengan memakai minimal 8 karakter dengan perpaduan angka, huruf serta karakter symbol untuk mencegah dan menyulitkan orang untuk diretas.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

linux game planeshift

Linux Game PlaneShift 3D Fantasy MMO RPG

Linux Game PlaneShift masuk dalam genre Role Playing Game yang kemudian disingkat ...